Tuesday, June 18, 2024
Home Troubleshooting Reset dns cache pada windows dan mac

Reset dns cache pada windows dan mac

by Andry Yudianto
0 comment
reset dns cache

Adakalanya pada saat kita browsing kita tidak dapat menemukan alamat ip address sebuah website, hal ini bisa diakibatkan oleh bergantinya ip address sebuah nama domain atau kita melakukan perubahan ip address pada hosting website kita. Pada saat kita melakukan akses terhadap sebuah domain kita akan melakukan proses pertanyaan pada DNS Server alamat ip address sebuah domain. Tugas sebuah dns server memang memberikan informasi alamat ip address dan ini juga tidak terlepas dari catatan yang ada pada dns server tersebut. Setiap dns server memiliki pengukuran waktu sendiri-sendiri, ada yang melakukan refresh setiap hari pada malam hari, ada juga yang dilakukan beberapa hari sekali bahkan dilakukan satu bulan sekali namun pada dasarnya dns server memiliki waktu refresh paling cepat adalah 1×24 jam dan maksimal adalah 3×24 jam. Reset dns cache pada windows dan mac

Nah bagaimana caranya agar kita bisa melakukan reset dns cache sehingga kita bisa mengenali catatan ip address yang baru.

Jika anda menggunakan sistem operasi windows, anda dapat menggunakan perintah

ipconfig /flushdns

reset dns cache pada terminal windows

reset dns cache

Jika anda menggunakan sistem operasi mac, anda dapat menggunakan perintah

dscacheutil -flushcache

reset dns cache pada terminal mac

reset dns cache mac

Ketika perintah tersebut dijalankan maka seluruh cache dns pada komputer anda akan direset sehingga komputer anda akan menanyakan kembali kepada dns server berapa ip address sebuah domain yang baru. Namun cara ini juga tergantung pada dns server yang anda gunakan, misalnya anda menggunakan isp indihome maka anda masih akan tergantung dengan dns server telkom. Jika ini masih tidak dapat membantu, maka anda bisa menggunakan dns server luar misalnya dns server dari google yang memiliki ip address 8.8.8.8 dan 8.8.4.4 selain itu anda juga bisa menggunakan open dns. Reset dns cache pada windows dan mac

Biasanya diikuti dengan melakukan proses reset cache pada browser jika masih tidak menemukan alamat ip address sebuah domain. Memang banyak faktor jika kita melakukan browsing di internet kemudian tidak menemukan alamat website yang kita tuju. Ada baiknya jika troubleshooting dilakukan pada laptop atau pc kita terlebih dahulu, kemudian jika masih tidak bisa maka kita bisa melakukan reboot baik pada laptop atau pc kemudian diikuti oleh restart pada modem yang kita gunakan.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00