Saturday, July 27, 2024
Home Kini Ku TahuWebserver Mengenal webserver hiawatha

Mengenal webserver hiawatha

by Andry Yudianto
0 comment
Mengenal webserver hiawatha
Mengenal webserver hiawatha

Mengenal webserver hiawatha

Halo para jagoanit, kali ini kita akan membahas sebuah webserver baru yang memiliki fitur unik jika dibandingkan dengan webserver kebanyakan seperti apache webserver, microsoft IIS webserver, litespeed webserver. Sebut saja namanya hiawatha, yaitu sebuah nama yang diambil dari suku indian yang terkenal di ameriki .. eh amerika. Sebelum mengenal webserver hiawatha, perlu diketahui bahwa webserver ini termasuk dalam kategori aplikasi open source dimana tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli lisensinya.

Sejarah

Hiawatha dibuat pada tahun 2002 dimana webserver ini memfokuskan diri pada faktor keamanan. Selain keamanan, webserver hiawatha ini memiliki syntax yang bisa dibilang aman karena memiliki faktor enkripsi dalam syntaxnya (perintah) sehingga tidak mudah ditebak.

Fitur

Hiawatha sendiri memiliki 3 fitur yang dibilang cukup mumpuni, yaitu security, mudah untuk digunakan dan ringan.

Security, webserver ini mampu menghalau serangan SQL injection, XSS dan CSRF dimana webserver ini juga memiliki tools untuk melakukan monitoring.

Mudah untuk digunakan, webserver ini tidak harus menggunakan http atau cgi untuk melayani file web yang ada dimana syntax dari konfigurasi webserver ini mirip dengan syntax programming.

Ringan, jika dibandingkan dengan webserver lainnya maka hiawatha termasuk webserver yang ringan dan tidak membutuhkan resource yang besar sehingga bisa diimplementasikan pada server lama yang memiliki resource yang tidak tinggi. Jadi jika memiliki server lama bisa menggunakan webserver hiawatha ini.

Untuk download webserver hiawatha bisa melalui situs webserver hiawatha yang asli di https://www.hiawatha-webserver.org dan juga bisa mendownload aplikasi monitornya. Untuk sistem operasi webserver ini dikhususkan pada sistem operasi unix (ingat yaa bukan linux)

Selamat menggunakan webserver hiawatha yaa.

About Author

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00