Home TutorialMySQL Perbandingan MySQL dan MariaDB

Perbandingan MySQL dan MariaDB

by Andry Yudianto
Perbandingan MySQL dan MariaDB
Perbandingan MySQL dan MariaDB

Bagi kamu pengguna database, terutama kaum open source maka biasanya menggunakan database MySQL atau PostgreSQL karena memang kedua database tersebut yang paling banyak dipilih. Namun kali ini kita tidak akan membahasa PostgreSQL tetapi kita akan melakukan perbandingan MySQL dan MariaDB.

Kedua database tersebut paling banyak digunakan, karena lebih mudah dan performanya juga sudah teruji untuk digunakan sebagai penyimpanan data pada aplikasi saat ini, terutama aplikasi berbasis web.

Apa sebenarnya MariaDB dan MySQL ?

MySQL adalah database yang paling tua, dimana dibuat pada pertengahan tahun 1990 dimana memiliki database relasional dan berbasis SQL (Structured Query Language) dan MySQL ini adalah database pertama yang berbasis open source. Namun semakin berkembangnya teknologi dan kebutuhan maka varian dari database tipe RDMS (Relational Database Management System) yang memiliki perbedaan namun tetap memiliki kesamaan dalan sintaks dan fungsinya maka database ini banyak dipilih.

MariaDB adalah turunan dari MySQL dimana memiliki fitur seperti usability, security dan performance yang tidak dimiliki oleh MySQL. Founder dari MariaDB menjamin bahwa MariaDB akan tetap open source dan tetap kompatibel dengan MySQL namun pada kenyataannya MariaDB memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan MySQL.

Apa perbedaan MySQL dan MariaDB ?

MySQL dan MariaDB sebenarnya adalah satu saudara, namun jika dicermati ada beberapa perbedaan dari MySQL dan MariaDB jika dilihat dari beberapa aspek. Tidak ada masalah ketika data yang dibuat dan dimigrasikan antara keduanya, namun perbedaan yang mencolok dari kedua database tersebut adalah MariaDB lebih cepat jika dibandingkan dengan MySQL.

Secara detail perbedaan MySQL dan MariaDB

JSON, dimana mariadb bisa disajikan dalam format native JSON sesuai dengan RFC 7159 dimana terdapat efisiensi ketika mengakses data dengan menggunakan format JSON (Javascript Object Notation)

Perbandingan MySQL dan MariaDB
Perbandingan MySQL dan MariaDB
MySQLMariaDB
JSON_ARRAYadaada
JSON_ARRAY_AGGadaada
JSON_EXISTStidak adaada
JSON_OBJECTadaada
JSON_OBJECT_AGGadaada
JSON_VALUEtidak adaada
JSON_TABLEadaada
ISJSONJSON_VALIDJSON_VALID
Tabel fungsi standar

SQL

MySQL dan MariaDB dua-duanya support untuk standar SQL tetapi MariaDB mendapatkan fitur lebih banyak jika dibandingkan dari MySQL dimana MariaDB support untuk sequences dimana MySQL tidak support.

 

MySQLMariaDB
Sequencestidakada
Generated columnsadaada
Invisible columnsadaada
Viewsadaada
MySQLMariaDB
Descendingadatidak
Functionaladatidak
Invisibleadatidak

Authentifikasi

Khusus untuk yang satu ini MySQL versi 8.0 memang terdepan dalam masalah security, karena secara default mengimplementasikan algoritma SHA-256 dimana ini akan menambah keamanannya sedangkan MariaDB hanya support untuk authentifikasi dengan plugin

 

MySQLMariaDB
PAM / LDAP / Kerberos / NTML Authentifikasiadaada
User / Group mappingadaada
Password Expirationadaada
Password reuse policyadatidak
Password strength validationadaada
Account lockingadaaada

Enkripsi

MySQL menggunakan redo/undo dalam file logs (namun secara default tidak diaktifkan) sedangkan MariaDB menawarkan enkripsi dalam format binary dan tabel sementara.

Key Management

MariaDB sudah termasuk key dari AWS plugin secara default, dimana MySQL malah lebih support dan lebih banyak plugin untuk management cuma hanya ada di versi enterprise saja.

 

About Author

Related Posts

Leave a Comment

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00