Saturday, July 27, 2024
Home TutorialCisco Melihat informasi perangkat cisco

Melihat informasi perangkat cisco

by Andry Yudianto
0 comment

Cara melihat informasi perangkat cisco maupun versi software maupun hardware dari perangkat cisco adalah dengan menggunakan perintah “show version” atau bisa juga disingkat dengan “sh ver”. Untuk menggunakan perintah ini tidak memerlukan priviledge mode. Untuk dapat menjalankan perintah ini anda harus login ke dalam sistem perangkat cisco dengan melakukan akses menggunakan telnet maupun dengan menggunakan protokol ssh.

Berikut ini adalah contoh informasi dari Cisco Router 3825-K9

Melihat informasi Perangkat Cisco Router 3825

Perangkat Cisco Router 3825

Gambar diatas memberikan informasi software IOS yaitu cisco router seri 3800 dan disertai dengan IOS yang terinstall pada hardware.

Selain itu ada informasi tentang kapan cisco router tersebut disiapkan (dicompile) oleh alnguyen dan juga diinformasikan pada tanggal berapa perangkat tersebut dibuat oleh pabrik cisco.

Informasi selanjutnya adalah sudah berapa lama cisco router tersebut berjalan, ini dapat dilihat pada baris “uptime is 2 weeks …..” ini baris yang menunjukkan informasi berapa lama perangkat tersebut sudah berjalan serta terdapat informasi terakhir kali dihidupkan dengan cara apa.

Kemudian informasi image apa yang digunakan, yaitu “flash:c3825-advip ….”

Informasi tentang jumlah memori RAM yang dimiliki yaitu 256k/386k
Menggunakan processor dengan ID FHK1107F0TA
Memiliki interface 4 Fast Ethernet
Memiliki 2 Gigabit Ethernet
Memiliki 2 Virtual Private Network
DRAM 64 bit
479K NVRAM
dan memiliki compact flash sebesar 64kb

Perlu diketahui bahwa seluruh peralatan cisco memiliki informasi dasar tentang software dan hardware yang ada. Selain informasi dasar, pada sistem operasi cisco sendiri terdapat beberapa fitur seperti routing, mac address table dan beberapa fitur lainnya seperti security yang terdapat pada cisco seri k9 atau dengan label security bundle.

About Author

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00