Saturday, July 27, 2024
Home TutorialWordpress Merubah wordpress dari http menjadi https

Merubah wordpress dari http menjadi https

by mimin
0 comment
Merubah wordpress dari http menjadi https
Merubah wordpress dari http menjadi https

Merubah wordpress dari http menjadi https

Merubah alamat wordpress dari http menjadi https sangat mudah

Di dalam dunia SEO SSL adalah salah satu faktor yang terpenting saat ini karena keamanan adalah keutamaan yang tidak dapat diabaikan, banyak sekali situs-situs yang kelihatannya aman tetapi sebenarnya dapat dengan mudah menginfeksi komputer pengunjungnya dengan melakukan instalasi sebuah program yang tanpa disadari oleh pengunjung.

Saat ini wordpress adalah sebuah cms yang paling banyak digunakan oleh para blogger untuk menuliskan artikel, selain itu wordpress juga memiliki fungsi lain seperti online store, social network dan berbagai macam fungsi situs hanya dengan menggunakan sebuah plugin. Bagus atau tidaknya sebuah website bertipe blog ini ditentukan oleh kualitas kontennya, selain itu di dalam penilaian SEO jika sebuah situs wordpress tidak menggunakan SSL (Secure Socket Layer) yaitu sebuah komunikasi antara pengunjung situs dengan webserver didalamnya terdapat mekanisme enkripsi sehingga data yang ditransfer tidak dapat disadap atau dilihat oleh pihak ketiga. Maka dari itu merubah wordpress dari http menjadi https menjadi sangat penting dan dapat membantu search engine untuk dapat mengenali ssl anda.

Untuk mengimplementasikan sebuah SSL pada situs wordpress anda harus memiliki ip address, karena SSL ini hanya dapat dipasang pada satu ip address. Selain itu anda juga harus membeli sebuah sertifikat SSL yang berharga sekitar $10 sampai dengan $15 per tahunnya. Untuk sewa ip sendiri bervariasi pada sebuah perusahaan hosting, ada yang memberikan sewa 25 ribu sampai dengan 50 ribu untuk perbulannya.

Setelah anda memiliki keduanya, maka anda dapat memaksa sebuah situs blog berbasis wordpress untuk dapat menggunakan protokol SSL sehingga data yang dikirim dan diterima dapat dilakukan enkripsi. Untuk mengganti protokol ini anda dapat menggunakan bantuan .htaccess yang diletakkan pada folder utama sebuah website berbasis wordpress. Berikut ini adalah isi dari .htaccess yang digunakan untuk merubah dan memaksa pengunjung untuk menggunakan protokol SSL

# BEGIN WordPress

<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ – [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

</IfModule>

# END WordPress

RewriteEngine On
RewriteCond %{ENV:HTTPS} !=on
RewriteRule ^.*$ https://%{SERVER_NAME}%{REQUEST_URI} [R,L]

Dengan menggunakan .htaccess diatas maka secara otomatis ketika pengunjung mengetikkan http://www.namadomain.com maka akan dirubah menjadi https://www.namadomain.com sehingga faktor keamanan data dapat terjamin.

Di dalam SEO pun bobot nilai situs yang menggunakan protokol SSL dan yang tidak beda lebih tinggi karena dipandang situs dengan menggunakan protokol SSL dinilai lebih aman selain itu memberikan jaminan dari pihak penyelenggaran SSL sertifikat ini. Provider dari SSL ini adalah verisign, commodo, dan masih banyak vendor lain yang memberikan harga murah untuk SSL sertifikat dengan jangka waktu minimal adalah satu tahun.

Selamat merubah website anda menjadi SSL dan website / blog anda akan lebih diperhatikan oleh google search engine.

Table of Contents

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00