Friday, July 26, 2024
Home perangkat jaringan Mengenal perangkat jaringan router

Mengenal perangkat jaringan router

by Andry Yudianto
0 comment
mengenal perangkat jaringan router

Halo jagoanIT, kali ini kita akan Mengenal perangkat jaringan router yang biasa digunakan ketika kamu melakukan koneksi ke dunia internet. Masih banyak sebenarnya perangkat yang digunakan dalam sebuah jaringan, namun kali ini kita akan membahas satu perangkat yang memiliki fungsi sangat penting dalam menghubungkan jaringan ke jaringan lainnya.

mengenal perangkat jaringan router

mengenal perangkat jaringan router

Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat yang menghubungkan antara suatu jaringan dengan jaringan lainnya agar bisa berkomunikasi satu sama lain. Mustahil jika di dalam sebuah jaringan jika tidak memiliki router kemudian bisa berhubungan antar jaringan. Ketika kamu melakukan koneksi ke internet baik dirumah dengan menggunakan kabel modem, atau menggunakan hp, pastinya kamu akan melalui sebuah perangkat yang bernama router. Data yang dikirimkan dalam sebuah router memiliki beberapa layer (lapisan) yang biasa disebut dengan OSI Layer (akan dibahas pada artikel berikutnya).

Apa yang ada di dalam Router

Di dalam router pastinya memiliki informasi mengenai alamat ip untuk semua perangkat yang ada di dalam sebuah jaringan. Misalnya di dalam jaringan komputer kantor, setiap komputer yang terhubung dengan jaringan pasti memiliki yang namanya ip address. Nah tugas dari router ini adalah menyampaikan paket data yang dikirimkan maupun yang diterima oleh komputer tersebut. Sebagai contoh sebuah laptop yang terhubung dengan wifi router, maka ketika laptop tersebut membuka sebuah alamat website seperti https://www.google.com maka tugas dari wifi router adalah menerima data request dari laptop tersebut kemudian menyampaikan kepada isp yang sudah terhubung dengan wifi router yang ada kepada ISP (Internet Service Provider). Kemudian router yang ada di ISP juga diterukan kepada router lainnya hingga sampai pada webserver milik google kemudian memberikan respon kembali sampai dengan laptop tersebut.

Jenis Router

Router memiliki dua jenis, yaitu bisa berupa hardware (appliance) atau bisa juga berupa software. Contoh Untuk router berupa hardware adalah Mikrotik, Cisco, TPLINK, Juniper dan masih banyak lagi lainnya, sedangkan contoh untuk router berupa software adalah menggunakan sistem operasi linux, aplikasi pfsense, iptables dan lain lain.

Router harganya ada yang murah dan mahal

Apa yang menyebabkan sebuah router memiliki harga yang mahal atau murah ? jawabnya adalah banyaknya fungsi yang ada pada sebuah perangkat router tersebut. Jika hanya memiliki fungsi utama sebagai router maka harganya bisa jadi murah, namun jika memiliki fungsi lain seperti firewall bisa jadi harganya menjadi mahal.

Cisco Router

Cisco Router

Gambar diatas adalah salah satu contoh router yang memiliki kemampuan lebih sebagai router, karena di dalamnya memiliki beberapa fungsi sekaligus seperti routing, vpn, firewall dan masih banyak lagi; oleh karena itu kenapa harganya mahal. Jadi mengenal perangkat jaringan router juga diperlukan sebelum mengenal perangkat jaringan yang lainnya.

Untuk berikutnya akan diulas mengenai beberapa perangkat jaringan yang lainnya ya.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00