Tuesday, June 18, 2024
Home Kini Ku TahuIstilah Pengertian istilah debug pada programming

Pengertian istilah debug pada programming

by Andry Yudianto
0 comment
Pengertian istilah debug pada programming
Pengertian istilah debug pada programming

Mungkin pada saat kita menjalankan sebuah aplikasi baik dalam semua operating sistem seperti windows, linux, android, website kita pernah mengalami proses yang tidak dapat dilanjutnya atau berhenti di tengah-tengah proses yang sedang kita kerjakan. Tentunya hal ini sangat tidak nyaman karena biasanya kita harus mengulang proses tersebut dan juga bisa mengakibatkan data kita hilang. Proses yang secara tiba-tiba terhenti itu biasanya dinamakan dengan bug, atau suatu kegiatan misalnya kita melakukan klik tombol simpan dan tidak memberikan reaksi apapun bisa dikatanya kita mengalami bug.

Bug sendiri adalah suatu error yang terjadi akibat tidak sempurnyanya sebuah instruksi atau proses yang dijalankan. Penyebab bug sendiri banyak sekali faktornya, mungkin dari proses pembuatannya tidak sempurna, atau ketika menjalankan suatu proses yang membutuhkan sesuatu misalnya resource dan kebutuhan itu tidak dapat dipenuhi maka akan timbul bug. Pengertian istilah debug programming

Proses untuk mencari bug tersebut biasanya disebut juga dengan proses debugging, atau proses pencarian di dalam baris kode yang meyebabkan error terjadi. Debugging adalah sebuah istilah di dalam mencari error baik pada perangkat lunak maupun pada perangkat keras.

Seorang programmer tentunya akan familiar dengan adanya bug ini, hal ini tidak terlepas ketika seorang programmer melakukan coding melupakan sesuatu yang belum diantisipasi.

Ketika bug terjadi maka langkah yang biasanya dilakukan adalah melakukan reporting atau pelaporan kepada pihak developer. Biasanya sebuah aplikasi berbasis windows akan membentuk suatu file yang mana isi dari file tersebut adalah informasi bagaimana bug ini bisa terjadi, pada aplikasi berbasis website biasanya terdapat sebuah file yang biasanya disebut dengan error_log yang mencatat kesalahan yang terjadi atas suatu perintah atau proses.

Selain seorang programmer, juga diperlukan seorang programmer analisis yang tugasnya bisa mempercepat untuk menemukan bug tersebut. Hasil perbaikan dari bug tersebut biasanya diinformasikan kepada pengguna dengan sebutan patch, atau bugfix, atau update agar bug tersebut tidak muncul kembali. Pengertian istilah debug programming

Selamat memperbaiki bug yang ada pada aplikasi yang anda buat.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00