Saturday, July 27, 2024
Home Kini Ku TahuIstilah Mengenal web server dan macamnya

Mengenal web server dan macamnya

by Andry Yudianto
0 comment
Mengenal web server
mengenal web server
Mengenal web server

Sebelum mengenal web server, hendaknya kita mengenal sedikit apa yang disebut dengan server itu. Server adalah sebuah perangkat komputer yang didesain untuk dapat bekerja secara terus menerus selama 24 jam penuh yang memiliki fungsi untuk melayani suatu pekerjaan tertentu. Berbeda dengan desktop yang hanya digunakan pada saat tertentu saja, misalnya kita hendak menggunakan komputer untuk membuat gambar dengan menggunakan aplikasi photoshop.

Nah sekarang kita menginjak apa yang dinamakan web server itu. Web server adalah sebuah server yang memang di tujukan untuk melayani permintaan pengguna ketika mengakses konten sebuah website. Fungsi utama dari web server adalah untuk menyimpan, memproses dan melayani konten website kepada pengguna.

Proses web server ini tentunya melibatkan sebuah protokol (bahasa) yang akan kita bahas pada artikel selanjutnya, sehingga dengan menggunakan aplikasi seperti web browser kita bisa membuat sebuah laman website dan melihat berbagai macam tipe konten yang ada pada sebuah website yaitu text, gambar, video, dan masih banyak lagi konten yang ada di laman website.

Aplikasi yang digunakan untuk memberikan layanan adalah sebuah software dengan fungsi sebagai web server. Apache adalah sebuah aplikasi yang ditanamkan pada server untuk melayani fungsi sebagai web server. Sebuah aplikasi email yang ditanamkan pada pada server untuk melayani email berfungsi sebagai email server.

Beberapa web server yang paling banyak digunakan saat ini adalah :

Apache, Nginx, Litespeed, Lighttpd, IIS dan masih banyak lagi untuk web server. Namun yang paling banyak digunakan adalah web server yang telah disebutkan tadi. Untuk web server memiliki dua jenis, yaitu open source (tidak berbayar) dan propertiary (berbayar). Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, serta memiliki fungsi tertentu misalnya untuk melayani bahasa pemrograman PHP maka bisa menggunakan apache, Nginx, Litespeed; jika ingin menggunakan bahasa pemrograman ASP maka menggunakan web server IIS dan untuk java menggunakan web server Apache tomcat.

Untuk komunikasi web server sendiri tadi sudah disebutkan menggunakan sebuah protokol tertentu untuk berkomunikasi, komunikasi ini menggunakan sebuah port (lubang) yang digunakan sebagai tempat untuk mengirim dan menerima layanan web server. Demikian sedikit informasi dalam mengenal web server, jika ada yang masih kurang jelas atau ingin bertanya mengenai web server silahkan melakukan komentar.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00