Tuesday, July 23, 2024
Home TutorialMicrosoft Office Membuat Banyak Folder dengan Excel

Membuat Banyak Folder dengan Excel

by Syafruddin Junaidi
0 comment

Fungsi utama folder selain untuk menyimpan file juga sebagai alat untuk mengatur agar file yang tersimpan bisa tertata dengan rapi. Kamu pasti bisa membuat folder di PC atau laptop dengan mudah. Tapi jika kamu ingin membuat banyak folder sekaligus, jangan gunakan cara manual untuk membuatnya satu per satu. Dengan bantuan Excel kamu bisa membuat banyak folder sekaligus secara cepat dan mudah. Simak ulasan artikel ini agar kamu bisa membuat banyak folder dengan Excel.

Misalkan ada 10 data di bawah yang ingin dijadikan folder:

membuat banyak folder dengan excel 1

gambar 1

Pada cell B1 kita ketikkan rumus: =”MD “&CHAR(34)&A1&CHAR(34) dan jika sudah muncul lalu drag hasilnya hingga didapatkan:

membuat banyak folder dengan excel 2

gambar 2

  • Blok semua data di kolom B lalu tekan Ctrl + C untuk mengcopy-nya
  • Buat folder kosong, misal diberi nama “Folder_Banyak”
  • Buka folder “Folder_Banyak” lalu tekan Shift + klik kanan mouse
  • Pilih Open PowerShell window here lalu pastekan semua data di kolom B tadi dengan cara tekan Ctrl + V kemudian tekan Enter
  • Tutup jendela Windows PowerShell dan 10 folder sesuai dengan data di kolom B sudah berhasil terbuat dalam folder “Folder_Banyak”
membuat banyak folder dengan excel 3

gambar 3

Kamu sekarang pasti sudah bisa membuat banyak folder dengan cepat setelah membaca ulasan di atas. Selanjutnya yang harus dipikirkan adalah bagaimana menerapkan tata kelola penyimpanan folder dengan baik dan benar. Kamu pasti tidak mau mengalami hal-hal yang tidak diinginkan jika mencari file dalam folder yang sedang dibutuhkan. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir kesulitan dalam pencarian file terutama file-file lama adalah sebagai berikut:

Jangan simpan file yang tidak perlu

Usahakan untuk tidak menyimpan file-file yang dirasa tidak dibutuhkan. Kebiasaan ini memang sering terjadi tanpa disadari. Akibatnya folder menjadi penuh dengan file-file yang tidak penting. Jika folder sudah penuh kamu bisa menghapus file-file yang tidak penting tersebut.

Beri nama folder sesuai keperluan

Pemberian nama folder perlu diperhatikan agar mempermudah dalam pencarian file. Sesuaikan nama folder dengan isi file yang ada di dalamnya. Simpan file-file yang saling berkaitan dalam satu folder.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00