Cara menggunakan multiphp manager di cPanel

Multiphp Manager cPanel
Multiphp Manager cPanel

Berbahagialah jika anda menggunakan layanan hosting berbasis cPanel, karena di dalam cPanel terdapat sebuah fitur yang dapat menggunakan beberapa versi PHP yaitu multiphp manager. Suatu contoh jika anda memiliki sebuah website dengan domain a.com yang menggunakan versi php 5.6 sedangkan anda memiliki aplikasi di dalam subdomain aplikasi.a.com yang membutuhkan versi php yang lebih tinggi (misalkan menggunakan php 7) maka anda bisa melakukan setting untuk domain a.com menggunakan php versi 5.6 dan subdomain aplikasi.a.com menggunakan PHP versi 7.

Untuk memastikan bahwa jasa penyedia hosting anda memiliki fasilitas multiphp manager maka anda dapat bertanya terlebih dahulu karena tidak semua mengaktifkan multiphp manager dengan alasan keamanan. cPanel tentunya sudah memikirkan hal ini untuk dapat memberikan layanan multiphp manager sehingga pengguna cPanel lebih fleksibel dalam memilih versi php yang diinginkannya.

Silahkan login ke dalam akun cPanel anda, kemudian cari pada bagian Software kemudian pilih pada icon multiphp manager.

multiphp manager
multiphp manager

Secara default akan ditampilkan bahwa versi php yang digunakan secara standar pada server anda adalah versi X

versi default php
versi default php

Jadi secara inherit semua domain dan sub domain akan menggunakan versi php 5.6. Lalu bagaimana cara agar subdomain bisa menggunakan versi php yang berbeda dengan versi php utama yang sudah disetting default ?

Caranya silahkan buat sebuah subdomain baru, kemudian kembalilah pada multiphp manager, maka anda akan dapat memilih subdomain tersebut akan menggunakan versi php berapa yang anda inginkan.

multiphp manager
multiphp manager

Jangan lupa melakukan centang terlebih dahulu pada subdomain yang anda inginkan kemudian baru memilih versi php yang diinginkan pada subdomain tersebut. Untuk bisa mengecek apakah benar menggunakan versi php yang anda inginkan, maka anda bisa membuat sebuah file dengan ekstensi php (contoh: info.php) kemudian isikan script php yang menjalankan fungsi phpinfo();

<?php

phpinfo();

?>

Kemudian silahkan akses file tersebut dengan url http://<subdomain>.<domain utama anda>.<ekstensi domain>/info.php

Selamat menggunakan multiphp manager!

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *