Saturday, July 27, 2024
Home TutorialcPanel Cara menggunakan multiphp manager di cPanel

Cara menggunakan multiphp manager di cPanel

by Andry Yudianto
0 comment
Multiphp Manager cPanel
Multiphp Manager cPanel

Multiphp Manager cPanel

Berbahagialah jika anda menggunakan layanan hosting berbasis cPanel, karena di dalam cPanel terdapat sebuah fitur yang dapat menggunakan beberapa versi PHP yaitu multiphp manager. Suatu contoh jika anda memiliki sebuah website dengan domain a.com yang menggunakan versi php 5.6 sedangkan anda memiliki aplikasi di dalam subdomain aplikasi.a.com yang membutuhkan versi php yang lebih tinggi (misalkan menggunakan php 7) maka anda bisa melakukan setting untuk domain a.com menggunakan php versi 5.6 dan subdomain aplikasi.a.com menggunakan PHP versi 7.

Untuk memastikan bahwa jasa penyedia hosting anda memiliki fasilitas multiphp manager maka anda dapat bertanya terlebih dahulu karena tidak semua mengaktifkan multiphp manager dengan alasan keamanan. cPanel tentunya sudah memikirkan hal ini untuk dapat memberikan layanan multiphp manager sehingga pengguna cPanel lebih fleksibel dalam memilih versi php yang diinginkannya.

Silahkan login ke dalam akun cPanel anda, kemudian cari pada bagian Software kemudian pilih pada icon multiphp manager.

multiphp manager

multiphp manager

Secara default akan ditampilkan bahwa versi php yang digunakan secara standar pada server anda adalah versi X

versi default php

versi default php

Jadi secara inherit semua domain dan sub domain akan menggunakan versi php 5.6. Lalu bagaimana cara agar subdomain bisa menggunakan versi php yang berbeda dengan versi php utama yang sudah disetting default ?

Caranya silahkan buat sebuah subdomain baru, kemudian kembalilah pada multiphp manager, maka anda akan dapat memilih subdomain tersebut akan menggunakan versi php berapa yang anda inginkan.

multiphp manager

multiphp manager

Jangan lupa melakukan centang terlebih dahulu pada subdomain yang anda inginkan kemudian baru memilih versi php yang diinginkan pada subdomain tersebut. Untuk bisa mengecek apakah benar menggunakan versi php yang anda inginkan, maka anda bisa membuat sebuah file dengan ekstensi php (contoh: info.php) kemudian isikan script php yang menjalankan fungsi phpinfo();

<?php

phpinfo();

?>

Kemudian silahkan akses file tersebut dengan url http://<subdomain>.<domain utama anda>.<ekstensi domain>/info.php

Selamat menggunakan multiphp manager!

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00