Mengelola akses ssh di cPanel WHM

cPanel and WHM
cPanel and WHM

Salah satu fitur yang diberikan oleh software manajemen server cPanel WHM adalah memberikan akses ssh (Secure Shell) ke server hosting, namun di dalam SSH ini terdapat dua macam shell yang bisa diberikan, yaitu Normal Shell dan Jailed Shell.

Jailed Shell memiliki akses yang terbatas kepada perintah-perintah yang bisa digunakan, tipe shell ini cocok diberikan kepada pemula pengguna shell linux serta dibatasi pada perintah-perintah yang dapat membahayakan server.

Normal Shell memiliki akses normal terhadap shell yang diberikan, sedikit lebih bebas daripada tipe jailed shell namun juga terbatas kepada perintah-perintah yang dapat membahayakan server.

Untuk memberikan akses ssh ini silahkan login di cPanel WHM anda dengan alamat https://<domain anda>:2087/ dan gunakan username root. Jika sudah selesai login maka anda akan berada pada tampilan manajemen server cPanel atau biasa disebut dengan WHM

Pilih Menu Account Functions –> Manage Shell Access

Manage Accounts
Manage Accounts
Manage Shell Access
Manage Shell Access

Setelah itu akan tampil list user dan list akses pada ssh server, secara default fitur ssh adalah disabled.

Manage Shell Access
Manage Shell Access

Untuk mengaktifkan shell access pada salah satu akun cpanel cukup melakukan klik, bisa memilih antara normal shell atau jailed shell. Jika ada pertanyaan selanjutnya mengenai apakah user tersebut akan dirubah tipe paketnya maka pilih saja tetap pada paket hosting yang default saja.

Keep account package
Keep account package

Setelah disimpan, maka dengan segera user tersebut sudah bisa melakukan ssh access pada akunnya.

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *