Tuesday, June 18, 2024
Home TutorialcPanel Cara membuat backup di hosting cpanel

Cara membuat backup di hosting cpanel

by mimin
0 comment
Cara instalasi cPanel DNS Only
cPanel

cPanel

Cara membuat backup di hosting cpanel sangat mudah, karena fasilitas untuk membuat backup pada hosting cpanel sudah disediakan dan anda tinggal menggunakannya ketika anda membutuhkannya. Kebetulan untuk JagoanIT menggunakan hosting di i2DOTNET. Langkah pertama untuk membuat backup di hosting cpanel adalah anda login dahulu ke cpanel tempat anda menyewa hosting, pastikan untuk mengisikan username dan password anda dengan benar.

Fitur files pada cpanel

Fitur files pada cpanel

Pada bagian files anda dapat menemukan fasilitas untuk membackup akun hosting anda, pada gambar diatas terdapat 2 icon yang berfungsi untuk membuat file backup, yang pertama secara manual dan yang kedua akan dituntun dengan menggunakan tutorial backup.

Silahkan pilih backup manual, setelah itu anda akan dibawa ke tampilan fasilitas backup secara detail dimana anda bia melakukan full backup, partial backup, email backup, database backup maupun fasilitas untuk merestore backup yang sudah anda buat. Namun kali ini kita akan membuat file backup terlebih dahulu, silahkan klik Download a Full Website backup, kemudian generate backup yang akan mulai proses backup seluruh file anda. Jika anda tidak menginginkan notifikasi jika proses backup selesai anda dapat memilih Do not send email notification of backup completion.  

Setelah itu tunggulah beberapa saat proses backup sedang berjalan.

Proses backup pada cpanel

Proses backup pada cpanel

Klik Go back, dan klik Download a Full Website backup maka kali ini akan tampil file yang berisikan backup file hosting anda seluruhnya baik website, database dan emailnya. Kemudian anda bisa mendownload file backup tersebut ke komputer anda sebagai file cadangan jika terjadi error, terkena hack atau ada sesuatu yang tidak berfungsi dengan semestinya.

Perlu diingat bahwa semakin besar jumlah file hosting, email dan database anda maka semakin besar pula hasil file backup serta mempengaruhi lama dalam membuat file backup dan file backup ini juga mengurangi jumlah kapasitas hosting anda jadi jika memang sudah tidak diperlukan anda bisa menghapus file tersebut agar bisa digunakan untuk yang lainnya.

Demikian cara membuat backup di hosting cpanel, dalam artikel berikutnya akan kami ulas untuk cara restore dari file backup tersebut.

Table of Contents

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00