Home News Ransomware Wanna Cry: apa dan bagaimana mengatasinya

Ransomware Wanna Cry: apa dan bagaimana mengatasinya

by mimin
Ransomware Wanna Cry
Ransomware Wanna Cry

Ransomware Wanna Cry Variant

Akhir akhir ini dunia dinternet dihebohkan kembali oleh sebuah malware dan malware ini memiliki varian yang lain yaitu ransomware wanna cry. Apa dan bagaimana mengatasinya ? kali ini kita akan ulas lengkap tentang malware ransomeware wanna cry ini. Kurang dari 24 jam sebuah malware yang dinamain ransomware wanna cry yang lepas dari NSA menyebar secara luas dan menginfeksi lebih dari 75 ribu PC dan kini penyebarannya semakin luas sampai ke seluruh dunia. Di negara inggris ransomware wannacry ini sudah menginfeksi lebih dari 48 rumah sakit, kemudian seorang anak laki-laki sekitar umur 22 tahun melihat sebuah domain website yang sudah berakhir masa berlakunya kemudian diregister kembali olehnya sehingga dapat melihat dan memantau penyebaran malware ini.

Karakteristik ransomware wannacry ini cukup pintar dimana bisa mendeteksi jika dia berada dalam sebuah sandbox (sebuah keadaan dimana sebuah pc di dalam pengawasan) maka ransomware ini akan mematikan dirinya sendiri, ini adalah cukup pintar seperti yang dikatakan oleh MalwareTech.

Apa Ransomware WannaCry ini ?

Ransomware wannacry ini termasuk malware yang di desain untuk meminta bayaran dari korbannya, dimana malware ini akan melakukan enkripsi terhadap seluruh data yang ada pada pc kemudian menampilkan pesan agar membayar sejumlah uang dengan menggunakan mata uang digital bitcoin dan melakukan penguncian pada sistem operasi windows agar tidak bisa diperbaiki.

Bagaimana Ransomware WannaCry ini bisa masuk di komputer ?

Ransomware menggunakan beberapa media diantaranya adalah email yang berisikan file yang biasanya di klik oleh penggunal email tanpa sadar bahwa file tersebut telah menginfeksi komputernya. Cara lainnya adalah mengunjungi situs website dimana situs itu bisa melakukan injeksi kepada browser kemudian melakukan penanaman malware pada pcnya.

Metode Ransomware ini biasanya memiliki pesan palsu pada emailnya yang berisikan informasi lisensi sebuah program yang telah habis masa berlakunya kemudian menanyakan tentang pembaharuan software tersebut, selain itu juga menggunakan metode klaim tentang illegal content yang berisikan file yang seakan akan dikirim oleh kejaksaan.

Bagaimana agar tidak terkena Ransomware Wannacry ini ?

  1. Rubahlah habit bagaimana anda menggunakan internet, selalu waspada ketika menggunakan internet baik ketika browsing pada sebuah situs tertentu. Situs situs biru biasanya lebih mudah dan menarik untuk dikunjungi dan resiko anda terinfeksi malware lebih besar.
  2. Gunakan antivirus yang memiliki internet security, sehingga ketika melakukan kunjungan pada sebuah situs biasanya akan memberikan early warning situs itu berbahaya atau tidak. Rekomendasi adalah menggunakan antivirus dari Kaspersky yang anda dapat download di http://www.kaspersky.com
  3. Baca email dengan seksama, jangan asal membuka email bahwa melakukan klik pada file yang ada pada email tersebut.
  4. Lebih teliti dalam menggunakan usb drive, penyebaran menggunakan usb drive lebih tinggi jika anda tidak memiliki anti virus dalam pc anda.
  5. Jangan asal melakukan install program, perhatikan darimana asal anda mendapatkan program ini apakah legal dari situs pembuatanya ataukah dari situs lain seperti situs bajakan atau download illegal.
Please follow and like us:
error0

Related Posts

Leave a Comment