Cara instalasi jetbackup manager di cpanel

Jetapps
Jetapps

Jika anda menggunakan aplikasi management server berbasis cPanel, pasti anda tidak terlepas dari fungsi backup yang ada. Di dalam cpanel sendiri terdapat fasilitas backup namun tidak terlalu komprehensif dan flexible jika dibandingkan dengan aplikasi addon milik dari jetapps Jetbackup Manager. Beberapa fitur penting dari JetBackup ini adalah

  • Hourly Backup
  • Jobs Per Reseller / Package
  • Backup Job Ratings

Selain itu Jetbackup Manager juga mendukung fungsi

  • Incremental Remote Backup
  • Multiple Destinations
  • Single File Restore
  • Sell Backup Services

Jika dibandingkan dengan fasilitas backup yang terdapat pada cpanel sendiri, Jetbackup Manager ini sangat lengkap dan bervariasi dan sampai dengan backup per file jadi anda dapat melakukan restore semua file atau file tile tertentu saja.

Kali ini akan dibahas bagaimana cara instalasi jetbackup manager di server berbasis cpanel.

Jetbackup Manager
Jetbackup Manager

Sebelum melakukan instalasi jetbackup manager, anda sudah mempersiapkan sebuah server berbasis cpanel dan anda memiliki akses root. Kemudian silahkan melakukan ssh pada server cpanel anda, dan lakukan proses instalasi berikut ini :

yum clean all –enablerepo=jetapps*
yum install http://repo.jetlicense.com/centOS/jetapps-repo-latest.rpm
yum install jetapps-cpanel –enablerepo=jetapps

Proses instalasi jetapps akan segera dimulai dan tunggu sampai proses selesai, kemudian silahkan cek pada WHM server anda pada bagian plugins akan muncul incon jetapps.

Jetapps whm
Jetapps whm plugin sections

Jika Jetapps masih belum muncul, silahkan ulangi lagi proses instalasi diatas sampai muncul icon jetapps pada bagian plugins WHM cpanel anda.

Jika sudah muncul, maka anda bisa segera melakukan proses instalasi jetbackup manager.

Jetapps applications
Jetapps applications
Jetbackup Manager Installation
Jetbackup Manager Installation

Pilih tipe yang stable sangat direkomendasikan, karena sudah teruji berjalan dengan baik jika anda ingin berexperiment maka anda dapat memilih versi EDGE atau BETA. Kemudian silahkan tunggu proses instalasi aplikasi jetbackup manager sampai selesai. Jika proses instalasi selesai maka akan didapatkan tampilan berikut ini.

Jetbackup Manager Installation
Jetbackup Manager Installation

Anda sudah dapat menjalankan aplikasi jetbackup manager ini dan mulai menawarkan fasilitas backup ini kepada para customer anda atau menjadi salah satu fasilitas pada layanan hosting anda. Demikianlah cara instalasi jetbackup manager di server cpanel sangatlah mudah.

Save

Save

Save

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *