Saturday, July 27, 2024
Home TutorialLinux Cara instalasi phpMyAdmin database manager

Cara instalasi phpMyAdmin database manager

by mimin
0 comment
phpMyAdmin
phpMyAdmin

phpMyAdmin

phpMyAdmin

Banyak database management yang beredar di internet namun salah satu yang paling banyak digunakan adalah phpMyAdmin. Selain gratis karena phpMyAdmin ini terbilang cukup mudah dan ringan jika dijalankan pada webserver apapun yang menggunakan php sebagai bahasa scriptingnya. PhpMyAdmin bisa dibilang cukup mumpuni dalam mengelola database MySQL karena memiliki fitur yang cukup banyak dan sangat berguna. Cara instalasi phpMyAdmin database manager ini cukup mudah dan tidak berbelit-belit hanya memerlukan beberapa step saja tetapi dengan syarat bahwa semuanya sudah tersedia dengan baik.

Sebelum melakukan instalasi aplikasi database management phpMyAdmin ada baiknya dipersiapkan dahulu beberapa point berikut ini :

  • Webserver, bisa menggunakan apache maupun microsoft iis
  • Versi PHP disesuaikan dengan aplikasi phpMyAdmin, untuk lengkapnya bisa dilihat pada website phpMyAdmin yang ada di https://www.phpmyadmin.net/
  • PHP Ekstensi php-mbstring & php-mysql
  • Versi MySQL yang digunakan apakah MySQL 5 ataukan MariaDB dan akses ke database (lebih baik jika menggunakan root, karena bisa memanajemen multi database dalam satu server MySQL)

Silahkan download terlebih dahulu versi phpMyAdmin sesuai dengan persyaratannya kemudian silahkan melakukan ekstrak file aplikasi phpMyAdmin dan letakkan pada folder public_html agar bisa diakses dari luar.

Untuk mengekstrak file zip anda bisa menggunakan perintah “unzip <nama file>” untuk mengekstrak file .tar.gz anda bisa menggunakan perintah “tar xvfz <nama file”.

Kemudian silahkan akses folder phpMyAdmin, misalnya http://<ip address>/phpMyAdmin/

Tampilan login phpMyAdmin

Tampilan login phpMyAdmin

Kemudian anda bisa login dengan menggunakan username “root” dan password yang sudah ada buat sebelumnya pada proses instalasi MySQL atau MariaDB.

Jika anda belum mengeset root password untuk database mysql pasti akan muncul notifikasi harus mengeset variable “AllowNoPassword” pada file konfigurasi phpMyAdmin (file dengan nama config.inc.php)

Temukan di dalam file configurasi baris yang memuat $cfg[‘Servers’][$i][‘AllowNoPassword’]= false; dirubah menjadi true

Bagaimanapun username root harus diberikan password jika digunakan dalam server production, jika digunakan untuk developing di localhost atau diserver lokal tidak apa jika tidak diberikan password.

Selamat menggunakan phpMyAdmin untuk memanajemen server MySQL anda.

 

Save

Save

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00