5 hal yang harus dilakukan oleh pemula SEO

SEO
Search Engine Optimization

Jika anda masih tergolong baru pada dunia SEO (Search Engine Optimization) atau bahkan SEO tidak menjadi prioritas utama anda maka anda memerlukan sebuah taktik yang jitu untuk dapat mengembangkan situs anda dan menjadikannya lebih baik. Mungkin anda memiliki pandangan lain tentang SEO tetapi SEO adalah sebuah proses dimana di dalamnya melibatkan seni dan ilmu pengetahuan, dimana anda diminta untuk lebih kreatif dalam membuat sebuah konten sehingga search engine melihat anda lebih istimewa jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya dimana juga mengimplementasikan SEO pada websitenya. Ingat konten adalah raja dan search engine adalah ratunya dimana keduanya harus berpadu untuk dapat membuat sebuah kerajaan yang makmur. 5 hal yang harus dilakukan oleh pemula SEO agar anda bisa membuat kerajaan anda dengan baik.

Untuk melakukan SEO anda memerlukan teknik dan peralatan perang, tetapi biasanya orang lebih suka untuk melakukan apa yang diyakininya sudah benar padahal SEO ini selalu berubah dari waktu ke waktu, search engine akan selalu mencari cara bagaimana untuk menyajikan hasil pencarian yang bagus kepada para penggunanya.

Berikut ini adalah 5 hal yang wajib dilakukan oleh pemula SEO

Keyword Grouping

Keywork Grouping adalah sebuah proses pengelompokan keyword dengan berbagai macam tujuan untuk menginformasikan arsitek dari artikel anda dimana biasanya digunakan untuk optimalisasi landing pages, serta untuk tujuan lainnya. Melakukan pengumpulan keyword pencarian ke dalam sebuah kelompok bisa menjadi sesuatu hal yang sulit karena mengumpulkan beberapa keyword yang kemudian dikenali oleh search engine google sehingga menjadi top 10 hasil pencarian.

  • Keuntungan dengan melakukan pengelompokan keyword adalah meningkatkan SEO dan PPC (Pay Per Click) dan dapat meningkatkan pemahaman bagaimana setiap keyword itu bisa dikenali dengan baik.
  • Menolong optimalisasi tipe SEO on-page, copywriting, memilih topicĀ danĀ mengorganisasikan arsitektur dari website
  • Dapat memprioritaskan landing pages dimana keyword yang paling banyak digunakan

Banyak seorang webmaster menggunakan excel atau adword editor untuk mengelompokkan beberapa keyword ke dalam group keyword yang lebih kecil tetapi memungkinkan untuk melakukan kesalahan jika menggunakan jumlah keyword yang banyak. Menggunakan tools seperti SE Ranking Keyword dan Wordstream Keyword Grouper mempercepat pengelompokan banyak keyword. Berikut ini 5 hal yang harus dilakukan oleh pemula SEO

Page change monitoring

Memonitor perubahan halaman adalah salah satu taktik yang baik tetapi sangatlah krusial bagi teknik SEO dimana anda dapat menerima notifikasi tentang perubahan halaman yang anda optimasi terutama jika anda memiliki halaman yang sangat banyak. Optimalisasi halama dapat dilakukan sewaktu waktu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, namun jika optimalisasi halaman terlalu banyak maka anda akan cukup merasa pusing. Dengan memanfaatkan VisualPing dan ChangeDetection maka anda dapat melakukan tracking perubahan dan ini juga bisa dilakukan pada website kompetitor anda.

Riset SEO Kompetitor

Memantau website kompetitor adalah hal yang paling baik untuk dapat menyalip segala aspek yang ada pada website kompetitor dimana anda akan belajar untuk menjadi yang lebih baik, watch – learn – improve ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas website anda. Tools SEMrush, BuzzSumo dan Ahrefs adalah beberapa toosl favorit yang bisa anda gunakan.

Variasi long-tail keyword

Dalam membuat judul sebuah artikel diperlukan penataan kata yang baik, judul dengan beberapa kata lebih baik jika dibandingkan dengan hanya memuat satu kata. Variasi dalam penggunaan kata-kata dalam judul bisa meningkatkan trafik pada website anda, terutama jika kata yang digunakan adalah kata yang krusial. Tools yang biasa digunakan dalam pencarian long-tail keyword adalah google keyword planner dan wordstream keyword tool.

Tracking Mobile Rank

Perangkat mobile saat ini sudah mengungguli perangkat konvesional seperti laptop dan pc oleh karena itu kompabilitas terhadap perangkat mobile ini mutlak diperlukan, untuk mengantisipasi hal yang tidak kompatibel dengan versi mobile anda dapat memanfaatkan tools dari google webmaster tool apakah website anda bermasalah dengan versi mobile.

Local keyword ranking

Jangan lupa jika anda memiliki produk lokal untuk ditampilkan, maka anda melakukan optimalisasi untuk pencarian google di region anda. Sebagai contoh anda memiliki produk yang berasal dari indonesia, maka wajib bagi anda untuk mendapatkan peringkat pada pencarian google.co.id. Peringkat pencarian pada google.com adalah kewajiban kedua setelah lokal search engine region anda. Tools yang digunakan untuk mengecek peringkat pencarian anda bisa memanfaatkan SERPS Keyword Rank Checker

Kesimpulan

SEO adalah hal yang dinamis dimana selalu berubah-ubah untuk menyesuaikan keinginan pengguna, google sebagai search engine akan terus berubah demi memberikan informasi yang pas dan akurat. Anda wajib mengikuti perubahan ini dengan menggunakan tools yang ada. 5 hal yang harus dilakukan oleh pemula SEO ini wajib anda ikuti jika anda ingin sukses dalam awal dunia SEO.

 

Save

Save

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *