Memahami PBN (Private Blog Network)

Memahami PBN (Private Blog Network)

Di dalam dunia SEO (Search Engine Optimization) terdapat berbagai macam cara agar sebuah website memiliki nilai plus jika dibandingkan dengan website kompetitornya dimata search engine google. Memahami PBN (Private Blog Network)

PBN (Private Blog Network) adalah salah satu cara untuk bisa mendapatkan backlink plus dari sekumpulan blog yang dimiliki oleh satu orang (namun seakan akan dari berbagai macam blog). Untuk lebih jelasnya mari kita Mengenal PBN Private Blog Network yang biasa digunakan di dalam dunia SEO. Memahami PBN (Private Blog Network)

PBN adalah sekumpulan dari beberapa blog yang biasanya memiliki niche yang sama namun memiliki artikel yang berbeda dan memiliki tujuan untuk memberikan backlink pada satu website dengan tujuan untuk memanipulasi search engine untuk memberikan nilai plusnya.

Cara ini memberikan backlink dari beberapa blog pada satu blog utama secara sistematis sehingga blog utama tersebut seakan-akan memiliki banyak backlink. Namun Google sudah mendeteksi untuk metode ini tidak baik karena memanipulasi backlink dan terkesan tidak natural.

Untuk mendeteksi bahwa suatu website atau blog adalah satu dari sekumpulan PBN (Private Blog Network) sebagai berikut :

– Ditempatkan pada satu hosting yang sama, biasanya beberapa blog dengan nama domain berbeda ditempatkan pada satu hosting tapi memiliki ip yang sama. Untuk mengecek hal ini anda bisa melakukan ping pada beberapa blog yang disinyalir adalah PBN.

– Desain mirip, untuk PBN biasanya memiliki themes yang sama namun hanya beberapa aspek saja yang berubah seperti warna.

– Pemilik domain adalah nama yang sama, dengan menggunakan bantuan whois domain maka anda dapat mengecek domain domain yang ada apakah dimiliki satu orang ataukah berbeda-beda.

– Konten yang sama, biasanya PBN ini memiliki konten yang sama antara dari blog PBN dengan blog PBN yang lainnya. Memahami PBN (Private Blog Network)

– Backlink profile yang sama, dengan memanfaatkan tools ahref atau majestic maka dapat di cek link antar satu blog PBN dengan blog PBN lainnya.

– Gambar dan Video, keduanya ini adalah hal yang susah dan mahal untuk membuatnya dan biasanya gambar dan video ini dimiliki oleh beberapa blog dalam satu PBN.

Kesimpulannya adalah metode PBN ini sudah ditinggalkan karena di mata google sudah tidak memberikan nilai plus lagi dan tidak natural karena backlink yang ada adalah hanya rekayasa dari satu pemilik saja.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *