Wednesday, July 24, 2024
Home Tips Skill troubleshooting yang harus dimiliki

Skill troubleshooting yang harus dimiliki

by Andry Yudianto
0 comment

Skill troubleshooting yang harus dimiliki
Skill troubleshooting yang harus dimiliki

Skill troubleshooting yang harus dimiliki adalah kemampuan untuk bisa menyelesaikan masalah, dimana terdapat tahapan-tahapan yang harus di lalui ketika ingin menyelesaikan masalah. Setiap manusia pasti tidak lepas dari suatu masalah dan masalah tersebut pasti memiliki solusinya. Untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut, ada langkah-langkah yang harus kamu ketahui. Yuk kita simak apa saja langkahnya.

Mendeteksi tipe masalah

Ketika kita menghadapi suatu masalah, maka janganlah panik dan merasa pesimis. Cobalah untuk bersikap tenang ketika mendapati sebuah masalah. Coba lakukan analisa mendasar apa yang menjadi masalah tersebut. Sebagai contoh ketika sebuah hp tidak bisa dinyalakan, maka sudah jelas bahwa hp tersebut bermasalah. Contoh analisa dari hp yang tidak bisa dinyalakan adalah, mungkin batere hp tersebut habis, mungkin juga hp mengalami crash sehingga panas dan menyebabkan mati.

Beberapa diagnosa yang ada seperti diatas adalah salah satu troubleshooting yang bisa di lakukan.

Lakukan beberapa eksperiman

Setelah mengetahui akar permasalahnnya dan mengumpulkan berbagai macam analisa, langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa eksperimen untuk menyelesaikan masalah. Untuk kasus diatas bisa dilakukan pengecasan hp terlebih dahulu. Kemudian di amati apakah indikator pengecasan baterai hp apakah berjalan dengan baik.

Dari sini juga bisa timbul masalah, misalnya ketika hp di cas tetapi tidak ada indikator bahwa baterai tersebut bisa diisi. Dari sini bisa dikembangkan lagi untuk masalah tingkat 2 sampai dengan kita tidak bisa melakukan analisa lagi tentang masalah apa yang sedang kita hadapi.

Maksud dari langkah-langkah ini bahwa janganlah kita terlalu cepat mengambil kesimpulan, dimana ketika hp tidak bisa dinyalakan maka akan langsung dibawah ke service center. Hal ini tidak akan mendidik diri kita untuk mengembangkan skill troubleshooting.

Hidup sudah pasti akan menghadapi masalah, dan masalah tersebut harus dapat kita selesaikan dengan baik. Jika semua masalah dilakukan analisa dan terdapat berbagai macam solusi maka kita wajib mencobanya.

Di dunia Teknolog Informasi, ada beberapa skill troubleshooting yang harus dimiliki namun dasar dari troubleshooting juga perlu kita miliki seperti analisa masalah, eksperimen dan hasilnya.

Seorang programmer pasti setiap hari menghadapi masalah ketika membuat sebuah aplikasi. Sebuah aplikasi yang bagus pasti melalui beberapa tahapan, dimana ada proses pembuatan, pengecekan (timbulnya bug) sampai dengan kepuasan dari customer.

Jika sudah mendapatkan solusi dari semua masalah, jangan lupa bahwa kita juga bisa berbagi dengan yang lain ketika orang lain mendapatkan masalah yang sama.

 

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00