Wednesday, July 24, 2024
Home Tips Google password checkup

Google password checkup

by Andry Yudianto
0 comment

Salah satu faktor keamanan yang sering kali diabaikan adalah dalam penggunaan password yang tidak aman. Tidak aman dalam hal ini adalah bisa jadi password tidak pernah atau jarang diganti, kemudian password terlalu mudah ditebak, dan masih banyak lagi. Untuk mengecek apakah password kita aman atau tidak mari kita manfaatkan fitur dari Google password checkup.

Untuk memanfaatkan Google password checkup ini, sebelumnya kamu harus login dulu ke akun gmailmu. Kemudian setelah login bisa membuka laman berikut ini

https://passwords.google.com/checkup/start atau https://passwords.google.com

kemudian akan tampil tampilan seperti dibawah ini.

 

Google password checkup
https://passwords.google.com/checkup/start

Beberapa fitur yang diberikan oleh Google password checkup antara lain

Compromised Password

Ini adalah fitur andalan dari google yang sangat berguna bagi kamu, karena password kamu akan di cocokkan dengan database password yang sudah pernah dihack oleh google. Jika memang password kamu pernah dijebol atau digunakan oleh orang lain dan terpublish di internet, maka akan ditampilkan oleh google password check up.

Password sudah pernah digunakan

Fitur lain adalah pengecekan apakah password kamu sudah pernah digunakan sebelumnya apa tidak. Karena memang biasanya untuk penggantian password, menggunakan password-password yang sudah pernah digunakan sebelumnya karena alasan mudah diingat.

Password lemah

Nah ini yang juga banyak digunakan, pemilihan password yang lemah sehingga mudah ditebak oleh orang, beberapa contoh password yang lemah adalah tidak menggunakan kombinasi antara huruf dan karakter, bahkan karakter spesial. Selain itu password biasanya ada hubungannya dengan alamat email, dengan nama orang tua, anak, pacar, tempat tanggal lahir dan sebagainya.

Ketika google merasa password yang digunakan saat ini sudah beresiko, maka pasti akan diminta untuk merubah password dengan yang baru. Selain itu juga google memberikan fitur reminder bahwa password kamu sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru.

Jangan lupa juga untuk menggunakan antivirus yang bagus ya, karena saat ini banyak sekali malware yang kapan saja masuk ke dalam pc / laptop / hp kamu kemudian mencatat password kamu.

Semoga lebih aman ya akun google kamu.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00