Cara mendeteksi kesehatan wd external drive

Wd External Drive
Wd External Drive

Jika anda menggunakan hard drive eksternal karena kebutuhan menyimpan file dalam jangka waktu cukup lama misalnya 1-3 tahun maka tidak ada salahnya sesekali melakukan pengecekan terhadap kesehatan hard drive eksternal anda. Karena bisa jadi suatu saat kapanpun hard drive eksternal anda mengalami kerusakan dan mengakibatkan data yang anda miliki akan hilang. Nah berikut ini dijelaskan bagaimana cara mendeteksi kesehatan wd external drive yang anda miliki.

Data Lifeguard Diagnostic adalah salah satu tools yang disediakah oleh WD yang memiliki fungsi untuk melakukan testing pada hard drive WD anda, baik hdd internal maupun hdd eksternal. Untuk tools ini bisa di download pada alamat https://support.wdc.com/downloads.aspx?lang=en dan perlu diingat bahwa tools ini hanya bisa berjalan pada sistem operasi windows. Silahkan download tools tersebut dan lakukan instalasi seperti halnya instalasi aplikasi windows lainnya.

Sebelum menjalankan aplikasi, silahkan tancapkan hard drive eksternal anda pada komputer / laptop anda dan kemudian jalankan aplikasi Data Lifeguard Diagnostic. Beberapa saat kemudian tools ini akan mendeteksi hard drive yang anda miliki.

Pendekteksian hard drive WD
Pendekteksian hard drive WD

Contoh diatas adalah menggunakan WD My Passport Ultra hdd eksternal. Untuk memulai diagnostic, silahkan klik hard drive anda, kemudian klik kanan dan pilih Run Diagnostic.

Memilih Run Diagnostics
Memilih Run Diagnostics

Ada beberapa pilihan testing, yaitu :

  • Quick Test, dimana akan dilakukan testing secara cepat serta mendeteksi status SMART pada hard drive yang ada.
  • Extended Test, dimana akan dilakukan testing secara mendalam sampai dengan pengecekan apakah terdapat bad sector pada hard drive yang ada.
  • Erase, dimana akan menghapus isi dari hard drive yang ada secara cepat.
  • View Test Result, adalah hasil laporan dari beberapa test yang dilakukan.

Silahkan memilik Quick Test terlebih dahulu untuk memastikan bahwa hard drive anda masih sehat. Jika ingin melakukan test secara mendalam, pilih Extended Test maka hard drive anda akan ditest secara keseluruhan. Jika kondisi hard drive anda bagus maka laporannya bisa dilihat sebagai berikut.

Hasil Laporan Test
Hasil Laporan Test

Jika hard drive anda sudah mulai menurun kesehatannya biasanya akan diberikan warning dan status SMART tidak akan berwarna hijau. Ini tandanya kesehatan hard drive anda akan menurun dan berhati-hati karena setiap saat bisa saja hard drive anda akan tidak dapat diakses atau tidak dapat digunakan.

Demikianlah cara mendeteksi kesehatan wd external drive baik hard drive internal maupun hard drive eksternal.

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *