Tuesday, June 18, 2024
Home TutorialcPanel Cara instalasi cpanel pada server vps dan dedicated server

Cara instalasi cpanel pada server vps dan dedicated server

by mimin
0 comment
Cara instalasi cPanel DNS Only
cPanel

cPanel

Cara instalasi cpanel pada server vps dan dedicated server sangatlah mudah, jika anda ingin menggunakan software management server cPanel, maka anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini :

  • Server VPS atau Dedicated Server
  • Sistem Operasi Linux (CentOS, CloudLinux dan RHEL)
  • Space minimal 20 GB
  • RAM minimal 768 MB (disarankan 1GB) tergantung banyaknya domain yang anda tampung
  • Mematikan seLinux

Pastikan bahwa koneksi server anda ke internet sudah berjalan dengan baik, karena instalasi cpanel memerlukan koneksi internet yang cukup baik dan stabil. Untuk selanjutnya anda bisa melakukan download file instalasi cpanel pada http://httpupdate.cpanel.net/

Perlu diingat cpanel memiliki 2 versi, yang pertama adalah WHM (Web Hosting Manager) dan yang kedua adalah cpanel dns only (hanya digunakan untuk dns cluster) dan yang paling penting adalah server anda sudah memiliki lisensi aktiv dari cpanel (namun ada versi trial selama 15 hari jika anda ingin mencoba software cpanel ini)

Silahkan download file instalasi pada alamat https://securedownloads.cpanel.net/ kemudian jalankan perintah

#sh latest

Kemudian akan menampilkan semua persyaratan agar dapat menginstall software cpanel ini, kecepatan instalasi cpanel ini tergantung pada koneksi dan kecepatan server anda. Semakin cepat dan bagus maka proses instalasi ini akan semakin cepat pula.

Tunggulah beberapa saat agar proses download dan instalasi software cpanel ini selesai, jika pada saat proses berlangsung tiba tiba terdapat masalah maka proses instalasi akan bisa dilanjutkan tanpa harus mengulangi lagi dari awal.

Setelah proses instalasi selesai dan anda kembali kepada bash prompt, maka lakukanlah reboot agar server dan sistem anda fresh. Kemudian anda bisa mengakses interface WHM dengan alamat http://<nama domain>/whm atau menggunakan port http://<nama domain>:2087/ untuk nama domain jika anda masih belum siap maka bisa menggunakan ip address server anda.

Setelah itu anda harus login dengan menggunakan user root yang sudah ada persiapkan sebelumnya, dan anda akan dibawa pada halaman konfigurasi software cpanel seperti konfigurasi hostname, ip address, aplikasi yang akan dijalankan pada cpanel (webserver, email server, ftp server, dll) dan kemudian setup sistem quota. Jika sudah selesai maka server anda sudah terinstall cpanel dengan baik.

Setelah itu anda dapat menggunakan cpanel WHM untuk menambahkan akun hosting anda. Cara instalasi cpanel pada server vps dan dedicated server pada server vps maupun dedicated tidak terdapat perbedaan, namun tipe lisensinya berbeda. Anda tidak bisa menggunakan lisensi cpanel vps pada server dedicated, tetapi anda bisa menggunakan lisensi dedicated pada server vps anda.

Table of Contents

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00