Cara mengecek penggunaan space disk pada cPanel

cPanel Disk Usage
cPanel Disk Usage

Seringkali ketika kita menggunakan hosting berbasis cPanel mendapati bahwa space disk yang kita punyai penuh dengan adanya notifikasi dari jasa penyedia hosting kita jika sudah hampir mendekati 90%. Banyak diantara pengguna cPanel tidak memahami bagaimana sebenarnya aturan perhitungan space disk pada hosting berbasis cPanel ini, dan hanya mengerti bahwa total space yang dimiliki adalah sekian mega atau sekian giga.

Ada baiknya kita pahami dulu bahwa total space disk yang diberikan oleh paket hosting yang kita pilih, misalnya memiliki 500 mega; maka jangan diasumsikan bahwa space itu hanya digunakan untuk file file yang ada pada direktori cPanel saja. Untuk penggunaan lainnya juga menggunakan total space disk yang diberikan tersebut.

Jadi apa saja yang menggunakan total disk space yang diberikan oleh penyedia hosting itu ?

  • file file yang digunakan pada website (biasanya file .html .php dan file file gambar seperti .jpg .png dan lain lain)
  • email dan attachment
  • database
  • file logs
  • file yang disimpan dengan menggunakan ftp
  • file yang terhapus pada file manager (perlu diingat bahwa cPanel memiliki fitur trash can seperti halnya pada windows) ketika file yang dihapus akan dipindahkan ke dalam folder trash can (jika di windows adalah recycle bin) jadi pastikan bahwa folder ini sudah dibersihkan.

Untuk lebih detailnya anda bisa menggunakan fitur yang diberikan oleh cPanel, yaitu Disk Usage

Disk Usage Icon
Disk Usage Icon

Anda bisa mencari fitur Disk Usage setelah login pada akun cPanel anda, pada bagian Files

Sebagai contoh berikut ini adalah statistik dari penggunan Disk Usage akun cPanel

space disk
space disk

Jadi cermati terlebih dahulu penggunaan space disk hosting anda, jangan keburu buru untuk melakukan komplain bahwa space yang diberikan cepat penuh atau anda akan malu sendiri jika sudah ditunjukkan oleh support jasa penyedia web hosting anda. Ada baiknya jika sudah memerlukan space disk yang banyak, maka anda bisa melakukan upgrade paket hosting yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan website anda.

 

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *