Saturday, July 27, 2024
Home Tutorial Cara menggunakan outlook express pada email berbasis cPanel

Cara menggunakan outlook express pada email berbasis cPanel

by Andry Yudianto
0 comment
Microsoft Outlook Express
Microsoft Outlook Express

Microsoft Outlook Express

Jika anda memiliki akun email berbasis cPanel, ketika mengakses email tersebut anda bisa menggunakan fitur webmail yang ada pada cPanel dan anda juga bisa menggunakan berbagai macam email client seperti microsoft outlook express pada pc anda bahkan anda bisa juga menggunakan hp android atau apple anda untuk mengakses email anda. Namun pada kali ini akan dibahas bagaimana cara mengakses email berbasis cPanel dengan menggunakan microsoft outlook express versi 2013. Untuk versi lainnya tidak ada perbedaan yang signifikan kecuali anda menggunakan microsoft office pada sistem operasi macintosh.

Pertama-tama jalankan program Microsoft Outlook Express anda, dan siapkan informasi akun email anda seperti alamat email anda, password serta informasi hostname yang digunakan untuk melakukan koneksi email pada server cPanel anda. Biasanya anda mendapatkan informasi ini pada mailbox anda ketika pertama kali akun email anda dibuat, atau silahkan kontak admin akun cpanel anda.

Tambahkan akun email seperti berikut ini :

Menambah akun Outlook Express

Menambah akun Outlook Express

Untuk cPanel biasanya menggunakan POP atau IMAP, jadi pilih manual setup.

POP atau IMAP

POP atau IMAP

Kemudian isikan informasi yang sudah anda dapatkan pada tampilan berikut ini :

Pengisian akun email pop atau imap

Pengisian akun email pop atau imap

perlu diingat, semua form menggunakan format lengkap seperti alamat email menggunakan username@namadomain.com begitu juga pada pengisian username; pastikan menggunakan full format.

Dari tahap berikut ini anda sudah bisa melakukan pengambilan email namun anda biasanya tidak bisa melakukan pengiriman email karena memerlukan beberapa setting lagi, silahkan pilih More Settings untuk melakukan authentifikasi tambahan pada saat anda hendak mengirimkan email.

Authentifikasi Outgoing

Authentifikasi Outgoing

Kemudian anda perlu juga melakukan setting pada bagian Advanced 

Advanced Setting

Advanced Setting

Pastikan anda menggunakan port 995 pada Incoming dan menggunakan port 465 untuk Outgoing. Untuk bagian Ekripsi ada 3 pilihan, yaitu auto, TLS dan SSL. Ada beberapa host yang sebagian besar menggunakan SSL namun ada juga yang menggunakan TLS sesuai dengan konfigurasi server yang ada. Jadi silahkan dicoba coba mana yang cocok untuk tipe koneksi enkripsi pada server penyedia jasa hosting anda.

Sampai disini sudah selesai untuk setting akses email dengan menggunakan outlook express, anda akan segera bisa menerima dan mengirimkan email.

Selamat menggunakan Outlook Express.

 

 

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00