Mengelola email di cpanel

Mengelola email di cpanel
Mengelola email di cpanel

Jika anda memiliki layanan webhosting berbasis cpanel, maka anda dapat fasilitas menggunakan email dengan nama domain anda di cpanel tersebut. Mengelola email di cpanel sangatlah mudah, dengan hanya melakukan beberapa langkah anda dapat menggunakan email dengan nama domain anda sendiri. Yang perlu diperhatikan dalam mengelola email di cpanel adalah memastikan bahwa domain record (MX Record) anda sudah diset sesuai dengan petunjuk dari penyedia jasa layanan hosting anda.

Ketika login ke dalam cpanel, carilah bagian dengan nama email, di dalam bagian tersebut terdapat beberapa fungsi untuk email diantaranya adalah :

  • mengelola akun email (termasuk setting quota per user)
  • email forwarder (untuk mengalihkan email)
  • mailing list (untuk mengirimkan email ke dalam sebuah group mailing list)
  • dan masih banyak fungsi lainnya
Fungsi pengelola email di cpanel
Fungsi pengelola email di cpanel

Kali ini akan dibahas bagaimana caranya membuat, menghapus dan mengakses email di cpanel. Untuk membuat silahkan klik email accounts seperti pada gambar berikut ini.

Membuat email di cpanel
Membuat email di cpanel

Silahkan isi alamat email, kemudian password (2x) serta quota yang bisa digunakan oleh email tersebut. Perlu diperhatikan quota email juga termasuk dalam quota hosting anda. Jika anda memiliki quota hosting 1 gb dan anda membuat email satu user 250mb maka 1gb tersebut akan dipotong oleh quota email user tersebut. Kemudian klik create account.

Untuk mengakses email tersebut cpanel memberikan fitur webmail yang dapat diakses dengan alamat http://<nama domain anda>/webmail/

Ada 3 pilihkan interface yang dapat anda gunakan, yaitu horde, roundcube dan squirrelmail. Squirrelmail lebih familiar digunakan jika dibandingkan denganĀ  webmail interface lainnya karena lebih mudah dan simple.

Selain menggunakan webmail anda juga bisa mengakses email anda dengan menggunakan email client, misalnya menggunakan handphone untuk mengakses email anda. Untuk dapat mengakses email anda anda perlu beberapa informasi seperti account email address, pop ip address (digunakan untuk mengambil email) dan smtp ip address (digunakan untuk mengirimkan email). Secara default informasi account email address adalah alamat lengkap email anda, untuk pop ip address menggunakan pop.<nama domain anda> dan smtp ip address adalah <nama domain anda> dan jangan lupa untuk memastikan bahwa password yang digunakan sesuai.

Selamat mengelola email berbasis cpanel

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *