Saturday, July 27, 2024
Home Uncategorized Mengelola domain di cpanel

Mengelola domain di cpanel

by mimin
0 comment
cPanel domain
cPanel

cPanel

Jika anda memiliki layanan webhosting berbasis cPanel dan ingin mengelola domain anda maka anda tidak usah pusing tujuh keliling. Di dalam cpanel sudah disediakan fitur untuk mengelola domain anda dari fitur yang sangat sederhana sampai dengan fitur yang advanced. Perlu diketahui untuk mengelola sebuah domain maka anda akan sedikit bermain main dengan namanya dns dan dns record.

DNS (Domain Name Server) adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menterjemahkan dari nama domain menjadi ip address dan begitu juga sebaliknya. DNS biasanya berisikan tentang catatan (record) tentang sebuah domain, jika diibaratkan dns adalah sebuah kantor pos yang dapat menterjemahkan suatu alamat rumah. Untuk DNS akan dibahas pada artikel lainnya.

DNS Record adalah sebuah catatan informasi tentang alamat sebuah domain, misalkan ketika anda browsing ke dalam sebuah website maka secara tidak langsung browser anda akan bertanya kepada DNS server yang memberikan jawaban berupa DNS record.

DNS Record yang biasa digunakan adalah

A Record = yang berisikan alamat ip address

NS Record = yang berisikan alamat ip yang mengelola domain anda berada pada dns server mana

CNAME Record = yang berisikan alias, sebagai contoh kita bisa memberikan nama lain dengan alamat yang sama

TXT Record = yang berisikan informasi (biasanya menjelaskan kegunaan suatu fungsi tertentu)

MX Record = yang berisikan informasi tentang mail server yang digunakan untuk berkomunikasi menggunakan email

Jika anda ingin mengelola domain, maka silahkan login ke dalam akun cpanel anda, dan cari bagian domains

Mengelola domain di cpanel

Mengelola domain di cpanel

Di dalam panel domain disediakan dua fitur, yaitu Simple Zone Editor (hanya mengelola dns record standar seperti a record, txt record, cname record) dan yang kedia adalah Advanced Zone Editor yang memiliki dns record lebih lengkap. Perlu diketahui dalam mengelola domain di cpanel pastikan bahwa anda sudah mendapatkan informasi lengkap seperti ip address yang akan digunakan dan informasi lainnya.

Setelah melakukan perubahan pada dns record, ada waktu yang diperlukan agar dapat dikenali perubahan tersebut. Masa ini disebut dengan masa propagasi dns, dimana dns server akan melakukan update (refresh time) agar dapat menginformasikan perubahan record dns yang baru. Waktu normal yang diperlukan biasanya adalah 1×24 jam; dan waktu paling lama adalah 3×24 jam. Jika sudah melebihi waktu 3×24 jam dan anda masih tidak dapat mengenali perubahan dns, maka dapat dipastikan terdapat masalah pada dns anda.

Jika terjadi masalah pada mengelola domain di cpanel anda, maka anda dapat meminta bantuan pada penyedia jasa hosting anda dan dapat meminta informasi yang benar.

Untuk melakukan pengecekan dns record anda bisa menggunakan bantuan perintah nslookup (pada windows – msdos prompt) atau menggunakan perintah dig (pada sistem operasi linux)

Table of Contents

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00