Cara instalasi cPanel DNS Only

cPanel adalah salah satu aplikasi manajemen server berbayar yang paling banyak digunakan karena memiliki beberapa fitur yang canggih serta user interface yang cukup friendly untuk pengguna jasa hosting. Jika anda memiliki beberapa server berbasis cPanel maka anda bisa menggunakan alternatif DNS Cluster sebagai DNS utama pada server cPanel anda. Kali ini kita akan membahasa bagaimana cara instalasi cPanel DNS Only.

DNS Cluster adalah sebuah dns server yang bisa digunakan untuk semua server cPanel/WHM. Biasanya dalam hosting jika ada satu server cPanel maka akan memiliki setidaknya dua dns server.

Sebagai contoh server cPanel a.serverku.com memiliki dns a1.serverku.com dan a2.serverku.com jika ada server b.serverku.com maka biasanya akan memiliki dns b1.serverku.com dan b2.serverku.com. Jika akan terus bertambah maka akan banyak sekali dns server yang akan digunakan.

Dengan menggunakan DNS Cluster maka a.serverku.com dan b.serverku.com cukup menggunakan dua dns server misal ns1.serverku.com dan ns2.serverku.com. Ini akan sangat menghemat penggunaan dns karena semuanya terpusat pada dua server dns saja.

Apa yang dibutuhkan untuk membuat DNS Cluster dari cPanel DNS only ? tentunya sebuah vps (virtual private server) dengan ram minimal 1gb dan kapasitas hdd sekitar 20GB saja.

Untuk instalasi bisa langsung melakukan download pada laman securedownloads.cpanel.net/latest-dnsonly

cd /home
curl -o latest-dnsonly -L https://securedownloads.cpanel.net/latest-dnsonly
sh latest-dnsonly

Maka proses instalasi CPanel dns only akan segera berjalan. Untuk cPanel DNS Only ini tidak memerlukan lisensi karena hanya berfungsi sebagai DNS Server saja, tidak bisa digunakan untuk menambahkan akun hosting seperti cPanel/WHM

Cara instalasi cPanel DNS Only
Cara install cpanel dns only

 

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *