Monday, June 17, 2024
Home Kini Ku Tahu Google Workspace for Education

Google Workspace for Education

by Andry Yudianto
0 comment
Google-Workspace-for-Education
Google Workspace for Education

Google Workspace for education membantu proses operasional institusi pendidikan

Google Workspace for Education (GWFE) adalah sebuah platform email yang terintegrasi dengan berbagai macam fitur yang memperkaya fungsi email ditujukan kepada institusi pendidikan dan sejenisnya gratis tanpa dipungut biaya. Untuk jenis institusi pendidikan yang dapat memanfaatkan adalah mulai dari sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi.

Beberapa fitur dari GWFE adalah Gmail, Kalender, Meet, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Classroom, Tugas, Situs, Grup, Drive dan masih banyak fitur lainnya.

Perlu diketahui bahwa Google Workspace for Education ini ada bermacam macam jenis, dimana masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, berikut ini adalah jenisnya.

GWFE Fundamentals

GWFE jenis ini gratis tidak dipungut biaya apapun, setiap institusi pendidikan dapat mendaftar dan memiliki WGFE Fundamentals selamanya. Untuk fitur sama seperti diatas namun memiliki keterbatasan dalam media penyimpanan yaitu jumlah pengguna (storage 15GB) dan jumlah user yang dapat ditambahkan adalah 100 user.

GWFE Standar

Mulai WGFE jenis ini tidak gratis dan memerlukan langganan untuk setiap bulannya dan setiap usernya karena memiliki fitur yang lebih lengkap, yaitu Pusat Keamanan yang proaktif. Selain itu bisa juga mengelola perangkat yang terhubung oleh user di dalam GWFE. Untuk jumlah usernya bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

GWFE Teaching and Learning Upgrade

GWFE ini juga berbayar namun dengan fitur yang sudah di upgrade lebih besar, terutama pada kapasitas penyimanan pada google drivenya. Untuk google meet juga memiliki kapasitas besar dengan jumlah user 250 user dan streaming sebanyak 10 ribu orang. Selain itu juga ada pula fitur plagiarism yang disediakan oleh google untuk mengecek tugas antar user yang di upload ke dalam platform GWFE.

GWFE Plus

Jenis tertinggi dari GWFE ini memiliki semua fitur yang ada pada GWFE Teaching dan Learning namun dengan kapasitas yang lebih besar 500 user dan streaming sebanyak 100 ribu orang. Selain itu juga dipadukan dengan cloud search dimana seluruh informasi dalam platform ini bisa dicari dan ditemukan dengan mudah. Yang spesial adalah fitur support yang disediakan selama 24 jam penuh.

GFW ini juga bisa diintegrasikan dengan platform akademik seperti cybercampus dan platform external seperti moodle dan aplikasi lainnya dengan menggunakan SSO (Single Sign On) yang biasanya tersedia dengan menggunakan bahasa pemrograman apapun.

JIka anda memiliki institusi pendidikan, maka GWFE ini patut anda miliki karena sebagai fasilitas tambahan kepada civitas akademika dengan memberikan email pribadi yang bisa digunakan dalam proses belajar mengajar. 

 

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00