Saturday, July 27, 2024
Home Kini Ku Tahu Mengenal RPKI dan fungsinya

Mengenal RPKI dan fungsinya

by Andry Yudianto
0 comment
Mengenal RPKI dan fungsinya
Mengenal RPKI dan fungsinya

Mengenal RPKI dan fungsinya

Untuk menghubungkan antara satu network dengan network yang lain maka diperlukan suatu mekanisme kepercayaan diantara keduanya. Oleh karena itu RPKI digunakan sebagai sarana untuk mendapatkan approval dari satu segment network ke network lainnya. Dimana data akan diteruskan kepada network yang lain sampai mencapai tujuannya. Oleh karena itu mari kita mengenal RPKI dan fungsinya.

Mengenal RPKI dan fungsinya

Seperti kita tahu bahwa setiap network / institusi / lembaga / korporasi di dalam dunia internet memiliki identitas yang disebut dengan AS Number (Autonomous Number) dimana identitas ini yang digunakan untuk pengenalan di dalam Internet Routing Protocol. Tanpa adanya ASN maka jika anda memiliki ip address tidak akan dapat menghubungi ataupun dihubungi di internet.

BGP (Border Gateway Protocol) adalah sebuah pintu gerbang (ibaranya adalah bagian imigrasi) dari jaringan komputer yang ada di setiap network dimana fungsinya adalah melakukan pencatatan atas AS Number yang terhubung sehingga satu sama lain bisa saling berkomunikasi.

RPKI (Resource Public Key Infrastructure) adalah sebuah dokumen yang disertakan ketika sebuah network akan menghubungi atau dihubungi di dalam jaringan internet. RPKI akan melakukan filter pada ip address apakah sesuai dengan kepemilikannya. Cara kerjanya adalah RPKI akan selalu melakukan validasi kepada Validator RPKI pada setiap region (Asia, Amerika dan Eropa) untuk memastikan bahwa semuanya sesuai dan tercatat pada database yang ada.

Oleh karena itu pemilik AS Number wajib melakukan RPKI kepada upline atau provider dimana dia akan mengenalkan subnet ip address yang dimilikinya sebelum melakukan koneksi ke jaringan internet dunia.

Kenapa harus melakukan RPKI dan memvalidasinya ? karena dengan adanya RPKI ini semua informasi ip address yang ada pada BGP dapat dikenali dan divalidasi. Jika terdapat satu AS Number yang tidak melakukan RPKI maka secara otomatis tidak dapat menghubungkan atau dihubungi di dalam jaringan internet dunia. Jika anda memiliki AS Number sendiri maka segeralah melakukan RPKI melalui provider anda dan melakukan verifikasi terhadap region anda, karena jika tidak maka anda tidak dapat menggunakan internet dengan semestinya.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00