Home TutorialMikroTik Mengenal materi training MikroTik MTCNA

Mengenal materi training MikroTik MTCNA

by Andry Yudianto
Mengenal training MTCNA
Mengenal training MTCNA
Mengenal training MTCNA

MTCNA (Mikrotik Certified Network Associate) adalah salah satu tahapan yang harus dilalui ketika kamu ingin belajar tentang router MikroTik. MTCNA adalah dasar dari semua ilmu untuk bisa menguasai MikroTik, nah apasaja yang diajarkan dalam kelas MTCNA ini ? Yuk kita simak berikut ini.

Dasar-dasar MikroTik

Adalah materi dasar dalam pengenalan MikroTik, dimana kamu akan mengenal apa itu MikroTik, bagaimana cara melakukan instalasi MikroTik (baik sebagai hardware maupun software). Kemudian kamu juga akan mempelajari tentang dasar-dasar TCP/IP yang meliputi OSI Layer dan beberapa teori tentang bagaimana sebuah jaringan itu bisa bekerja.

Routing dan Bridging

Routing adalah sebuah proses dimana sebuah network dapat berkomunikasi antara satu sama lain dan tidak terbatas hanya pada satu tempat ke tempat lain, bisa jadi melewati suatu tempat untuk menuju tempat yang dikehendaki.

Bridging adalah sebuah proses dimana suatu alat dapat menghubungkan antara satu LAN dengan LAN yang lain dengan menggunakan sebuah media tertentu.

Wireless

Wireless adalah sebuah perangkat yang dapat menghubungkan satu alat dengan jaringan tanpa menggunakan media (nirkabel).

Firewall

Firewall adalah sebuah sistem untuk mengamankan jaringan komputer dimana data yang melewati perangkat firewall ini akan di seleksi apakah data tersebut valid ataukah berupa data sampah.

Queue

Queue adalah sebuah mekanisme antrian dimana pergerakan data yang ditransfer dari satu tempat ke tempat lain secara bersamaan namun akan dibuat model antri sesuai dengan sistem antri yang dijalankan.

Tunnel dan VPN

Tunnel adalah sebuah kanal dalam jaringan dengan menggunakan protokol tertentu sehingga satu sama lain bisa berkomunikasi diatas jalur yang ada. (terowongan tersendiri)

VPN (Virtual Private Network) adalah sebuah jalur khusus diatas jaringan yang ada yang digunakan sebagai komunikasi dengan ditambah sistem keamanan tersendiri yang biasanya terenkripsi dan tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Manajemen Jaringan Lokal (DHCP, PROXY, HOTSPOT)

DHCP adalah sebuah protokol yang digunakan untuk melakukan manajemen pemberian ip address.

Proxy adalah sebuah sistem dimana konten akan disimpan pada sebuah media untuk memudahkan mengakses kembali secara cepat.

Hotspot adalah sebuah sistem manajemen dimana mengatur user yang ingin terkoneksi dengan jaringan komputer secara nirkabel.

Please follow and like us:
error0

Related Posts

Leave a Comment