Saturday, July 27, 2024
Home Kini Ku Tahu Memahami masa aktif domain indonesia

Memahami masa aktif domain indonesia

by Andry Yudianto
0 comment
domain .id
domain .id

domain .id

Setiap negara di internet memiliki TLD (Top Level Domain) dengan ekstensi yang unik dan tidak akan sama satu sama lainnya. Untuk Indonesia diberikan domain ektensi .id yang menandakan bahwa domain dengan ektensi .id adalah domain pada negara Indonesia. Ada beberapa domain dengan ekstensi .id yang dapat anda register pada reseller domain indonesia. Namun sebelum menggunakan domain dengan ektensi .id ada baiknya kita memahami masa aktif domain indonesia.

Jika sebuah domain .id sudah diregister dan disetujui oleh PANDI dan resellernya maka anda bisa langsung menggunakan domain .id tersebut dan sejak itu pula masa berlaku domain .id anda akan dimulai.

Masa Renewal

Untuk melakukan renewal domain .id memiliki fitur auto renewal dengan masa berlaku antara 1 sampai dengan 2 tahun. Dimana dalam masa ini anda dapat melakukan renewal secara otomatis pada reseller tempat anda membeli domain tersebut. Pada masa ini akan dikenakan biaya normal sesuai dengan biaya yang diberikan oleh reseller anda dan memiliki waktu selama 35 hari.

Masa Redemption

Pada hari ke 30 setelah masa berlaku domain anda dinyatakan expired maka akan memiliki status redemption period dimana anda masih dapat melakukan renewal namun disertai dengan biaya denda sebesar 400% dari harga domain normal dan akan melibatkan PANDI selaku pengelola domain ID

Masa Delete

Pada hari ke 30 setelah masa redemption period maka domain anda akan memasuki masa delete dimana domain anda sudah final tidak akan bisa di renew atau dikembalikan dengan cara apapun karena pada sistem sudah masuk antrian untuk siap di hapus dan setelah dihapus maka 7 hari kemudian domain akan siap dilepas untuk dapat diregister oleh siapapun.

Pending Delete

Pada 7 hari terakhir ini maka domain anda akan benar-benar dihapus tanpa ampun.

Oleh karena itu memahami masa aktif domain indonesia sangatlah penting jika anda memang serius ingin memiliki domain dengan ekstensi .id ini. Jangan sampai domain .id yang sudah anda miliki bertahun-tahun dan anda lupa melakukan renewal maka domain anda akan hangus dan bisa dimiliki oleh orang lain.

Untuk domain .id ini yang bertanggung jawab penuh adalah PANDI (Pengelola Nama Domain Indoensia) dengan alamat http://www.pandi.id

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00