EOL – End Of Life

End Of Life
End Of Life

Jika anda membeli sebuah produk komputer baik hardware maupun software dan anda mendapati sebuah informasi dengan singkatan EOL maka EOL itu adalah singkatan dari End Of Life dimana sebuah informasi yang menyatakan kapan produk maupun software itu akan disupport atau bisa digunakan. Sebagai contoh dalam produk makanan adanya tanggal kadaluarsa.

Seringkali kita membeli produk IT tanpa memperhatikan hal ini, dan pada saat kita menyadari bahwa produk tersebut sudah mendekati masa EOL. Pada saat kita akan membeli sebuah produk IT biasanya jika produk tersebut masih baru dipasaran tentunya harganya akan mahal sehingga seringkali kita akan menunggu saja sampai ada produk berikutnya sehingga produk tersebut akan turun harganya seiring dengan adanya produk yang baru. Berbeda jika kita membeli sebuah produk IT dalam jangka waktu 1-2 tahun kemudian kita akan menggantinya dengan yang baru maka EOL ini tidak perlu dipikirkan, yang menjadi masalah ketika produk yang kita beli ini akan kita gunakan seterusnya sampai produk ini tidak dapat digunakan lagi.

Produsen peralatan IT pasti akan mencantumkan kapan sebuah produk ini akan memasuki masa EOL. Sebelum mendekati masa EOL akan terlebih dahulu masuk pada masa EOS yaitu End Of Sales dimana produk tersebut tidak akan dijual lagi dipasaran.

Jadi jangan sampai anda salah membeli sebuah produk IT karena produk tersebut akan memasuki masa EOL. Teliti sebelum membeli lebih baik daripada menyesal kemudian. Jika sebuah produk memasuki masa EOL biasanya spare part tersebut akan susah didapat dan harganyapun terkadang bisa sangat fantastis jika dibandingkan dengan membeli produk baru.

Perhatikan baik-baik sebelum anda merencakan untuk membeli sebuah perangkat IT karena boleh jadi perangkat tersebut akan segera memasuki mas EOL ini, memang biasanya barang yang akan memasukin EOL dalam 1-2 tahun kedepan harganya lebih murah dan terjangkau dan mungkin bisa anda gunakan lebih lama jika memiliki interoperability yang baik sehingga dapat bekerja sama dengan perangkat yang lebih baru.

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *