Saturday, July 27, 2024
Home Tutorial Membersihkan linux dari malware

Membersihkan linux dari malware

by Andry Yudianto
0 comment
RFXN Malware Detector

Malware sangat mengganggu di sistem operasi manapun, pernahkah anda mengalami ketika anda sedang melakukan surfing di internet menggunakan browser tiba tiba muncul jendela iklan, kemudian ketika anda menuju sebuah laman di internet tiba-tiba dibelokkan menuju suatu situs tertentu. Pada sistem operasi linux, anda merasa server anda sangat lama dan resource seperti memori menjadi habis, cpu load menjadi tinggi, kemudian website anda digunakan untuk melakukan hal-hal tertentu. Ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa anda terkena malware. Berikut ini adalah caar membersihkan linux dari malware dan pastikan bahwa clamav yang anda gunakan selalu terupdate untuk dapat mendeteksi malware yang terbaru.

Untuk membersihkan malware pada sistem operasi linux tidaklah mudah jika dilakukan secara manual, anda harus memilin satu persatu file yang ada di sistem, apalagi anda memiliki ribuan file dengan ekstensi .php dan didalamnya terselip satu file malware yang kemudian dideteksi oleh google situs anda memiliki malware.

Maldet adalah salah satu software open source yang dapat anda gunakan untuk membersihkan malware dengan cara melakukan scanning secara menyeluruh. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membersihkan malware di sistem operasi linux.

  1. Download maldet di situs rfxn.com, dan pastikan anda mendownload versi terakhir dari maldet.

    membersihkan linux malware

    RFXN Malware Detector

  2. Download file instalasi malware detector
    wget http://www.rfxn.com/downloads/maldetect-current.tar.gz
  3. Ekstrak file instalasi malware detector
    #tar xvfz maldetect-current.tar.gz
  4. Masuk direktori instalasi malware detector (bisa berubah versinya)
    #cd maldetect-1.4.2
  5. Lakukan instalasi malware detector
    #sh install.sh

    Instalasi maldet

    Instalasi maldet

  6. Lakukan scanning dengan perintah
    #maldet -a <direktori>

    Scanning maldet

    Scanning maldet

  7. Jika mendapati adanya malware di linux anda maka anda diinformasikan, untuk melakukan pembersihan bisa anda ikuti instruksi yang muncul setelah proses scanning selesai.

Malware detector ini bisa digabungkan dengan anti virus sistem operasi linux ClamAv untuk hasil yang lebih akurat selain malware juga file bervirus. Perlu diingat bahwa lama untuk melakukan scanning ini tergantung dengan banyaknya jumlah file yang ada pada sistem operasi linux anda, selain jumlah file juga ditentukan dari tipe file misalnya jika anda memiliki file dalam bentuk terkompresi seperti file zip atau file dengan ekstensi .tar.gz maka akan semakin memperlama proses scanning malware tersebut.

Selamat membersihkan malware

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00