Home Tips Mengamankan facebook

Mengamankan facebook

by Andry Yudianto

Sering kali kita mendengar bahwa akun facebook terkena hack dan dimanfaatkan oleh orang lain, kenapa ini bisa terjadi ? karena kurangnya pengetahuan kita bagaimana untuk mengamankan akun password facebook kita sendiri. Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menambah keamanan akun facebook anda.

  1. Jangan menggunakan password terlalu mudah seperti 123456 atau qwerty, atau menggunakan kata-kata yang mudah ditebak seperti nama ayah, ibu, adek, kakak, pacar, nomor hp, alamat rumah dan lain lain. Password yang baik adalah password yang mudah diingat oleh kita dan tidak mudah diingat oleh orang lain dan biasanya tidak nyaman. Tapi anda bisa menggunakan sebuah kata yang dikombinasikan dengan huruf, tanda ASCII seperti ! @ # $ % ^ & * ( ) dan gunakan minimal 8 karakter.
  2. Gunakan beberapa fitur yang diberikan oleh password pada menu Settings – Security pada akun facebook anda

    Mengamankan facebook

    Menu Settings pada facebook

  3. Pilih bagian Security

    mengamankan facebook

    mengamankan facebook

  4. a. Login Alerts | anda dapat menambahkan fitur informasi ketika akun facebook anda ada yang menggunakan dengan melalui berbagai cara, melalui devices (seperti smartphone anda), email dan melalui sms (anda harus mengisikan nomor hp anda terlebih dahulu)
    b. Login Approval | anda diharuskan untuk mengisikan sebuah kode yang dibuat oleh facebook for smartphone anda terlebih dahulu atau anda dapat melakukan generate kode tersebut secara mandiri jika tidak memiliki smartphone.
    c. Code Generator | anda akan diminta memasukkan hasil kode yang dibuat oleh sebuah program code generator, misalnya pada facebook di smartphone anda.
    d. App Password | anda akan dapat melakukan generate password dari peralatan atau aplikasi eksternal seperti xbox, skype dan spotify
    e. Trusted Contact | anda bisa meminta persetujuan dari salah seorang teman anda difacebook yang anda anggap bisa dipercaya.
  5. Selain itu anda juga bisa melakukan review anda login facebook dari mana saja dan device apa saja pada menu Your Browser and Apps. (sangat membantu untuk bisa mendeteksi anda pernah login menggunakan apa dan dari mana dengan menu where you’re logged in)
mengamankan facebook

tampilan security settings

Jika anda ingin menggunakan facebook di komputer umum gunakanlah browser yang aman dan mode aman seperti pada browser chrome “Mode Incognito”

mode incognito pada chrome

mode incognito pada chrome

Pada Mozilla Firefox “Mode Private”

mode private pada Firefox

mode private pada Firefox

Tips terakhir gantilah password anda secara berkala dan jangan memaksakan login facebook jika dirasa tidak aman. Mengamankan facebook adalah hal terpenting dan segera lakukan agar facebook anda aman.

Semoga membantu 🙂

Please follow and like us:
error0

Related Posts

Leave a Comment