pilih 32 bit ataukah 64 bit ?

pilih 32 bit ataukah 64 bit ?
pilih 32 bit ataukah 64 bit ?

Jika anda pernah menginstall sebuah sistem operasi baik sistem operasi linux, windows maupun sistem operasi lainnya maka anda pernah melihat ataupun bahkan memilih apakah menggunakan sistem operasi 32bit ataukan 64bit. Memilih 32 bit ataukah 64 bit ini tidak terlepas dari arsitektur processor yang anda miliki. Pilih 32 bit ataukah 64 bit ? ini seringkali menghantui kita sebelum melakukan instalasi sistem operasi. Untuk processor generasi lama kebanyakan masih memiliki arsitektur 32 bit, dimana jumlah kapasitas maksimum memory yang digunakan masih terbatas. Berbeda dengan processor generasi terbaru yang memiliki kapasitas memory yang sudah sangat besar sehingga dapat meningkatkan performa sistem operasi atau aplikasi yang digunakan.

Perbedaan 32 bit dan 64 bit adalah banyaknya jumlah memory yang dapat di handle oleh processor, processor 32 bit hanya mampu menghandle memory sebanyak 4GB saja sedangkan processor 64 bit dapat menghandle memory sebesar 16 Exabytes. Sebagai perumpamaan ketika ada jalan tol dengan kapasitas lajur hanya 1 dan dibandingkan dengan jalan tol dengan kapasitas 3 lajur maka otomatis jalan tol dengan 3 lajur lebih cepat jika diberikan jumlah mobil yang banyak.

Yang perlu diingat adalah jika anda memiliki memory lebih dari 4GB maka anda harus menggunakan sistem operasi 64 bit, jika diinstall dengan sistem operasi 32bit maka hanya dapat mengenali 4GB saja; namun sekarang terdapat terdapat kernel 32bit yang dapat mengenali memory lebih dari 4GB yaitu dengan ekstensi PAE (Physical Address Extension) dimana arsitektur 32 bit dapat mengenali memory sampai dengan 64GB RAM lebih dari itu tidak di mungkinkan.

Untuk performa memang 64 bit lebih cepat jika dibandingkan dengan 32 bit, oleh karena itu jika anda memilih sistem operasi pastikan aplikasi yang anda gunakan memiliki arsitektur 64 bit jika anda memiliki aplikasi berarsitektur 64 bit kemudian anda jalankan pada sistem operasi 32bit maka aplikasi tersebut tidak akan jalan. Namun jika anda memiliki aplikasi berarsitektur 32 bit maka dapat dijalankan pada sistem operasi berarsitektur 64 bit.

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *