Tuesday, June 18, 2024
Home Kini Ku Tahu Memahami tentang ip address jaringan komputer

Memahami tentang ip address jaringan komputer

by Andry Yudianto
0 comment
ip address jaringan komputer
ip address jaringan komputer

ip address jaringan komputer

IP Address adalah singkatan dari Internet Protocol Address dimana berupa angka numeric yang ditempelkan pada perangkat ketika terhubung pada sebuah jaringan yang digunakan untuk berkomunikasi satu sama lainnya.

Jika diibaratkan didalam dunia nyata ini ip address adalah sebuah alamat rumah, dimana setiap alamat sudah pasti tidak memiliki alamat yang sama. Oleh karena itu setiap perangkat dalam jaringan komputer pasti memiliki ip address yang digunakan sebagai identitas alamat.

Sebagai ilustrasi ketika anda hendak mengunjungi rumah saudara anda di kota surabaya dan anda masih belum pernah kesana sebelumnya maka anda pasti memerlukan sebuah alamat rumah untuk bisa sampai di rumah saudara anda.

Ilustrasi lainnya adalah ketika anda hendak mengirimkan sebuah paket melalui kantor pos, dapat dipastikan bahwa anda harus menuliskan alamat sebagai tujuan kemana anda mengirimkan paket tersebut.

Di dalam jaringan komputer juga sama, setiap perangkat yang terhubung ke dalam jaringan pasti memiliki ip address yang tidak akan mungkin sama satu dengan lainnya.

IP address terbagi menjadi dua, yang pertama adalah IPv4 dan IPv6

IPv4 adalah ip address generasi pertama yang diimplementasikan di dalam jaringan komputer sedangkan IPv6 adalah ip address jaringan yang lebih luas karena IPv4 saat ini sudah akan habis jumlahnya.

IP address juga terbagi menjadi dua, ip address private yaitu ip address yang hanya dikenali oleh jaringan lokal saja atau biasa disebut dengan LAN dan tidak akan dikenali oleh jaringan diluar LAN (misalnya internet) ip address public yaitu ip address yang dikenali oleh seluruh pengguna internet. IP address public diatur oleh lembaga di internet yang bernama IANA yang berada di amerika serikat. Ada tata cara untuk mendapatkan ip address public ini, harus melalui beberapa persyaratan sebagai ISP (Internet Service Provider)

Jika anda mengunjungi situs internet seperti Yahoo, Facebook maka situs tersebut memiliki ip address public.

Perlu diketahui untuk ip address lan biasanya diawali dengan 192.x.x.x atau 172.x.x.x dan 10.x.x.x selain itu bisa dipastikan bahwa ip address yang ada adalah ip address public.

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00