Tuesday, June 18, 2024
Home Kini Ku Tahu Tips memilih distro linux untuk pemula

Tips memilih distro linux untuk pemula

by Andry Yudianto
0 comment
varian distro linux
varian distro linux

varian distro linux

Linux untuk saya ?

Siapa yang tidak kenal dengan sistem operasi linux ? semua pasti mengetahui tentang sistem operasi yang banyak digunakan no 2 setelah windows. Sistem operasi linux sebenarnya tidak berbeda dengan sistem operasi window, malah sistem operasi linux ini banyak memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan sistem operasi window atau sistem operasi lainnya. Linux adalah sistem operasi yang dikembangkan secara open source oleh komunitas linux yang ada diinternet. Salah satu kelebihan dari sistem operasi linux adalah gratis tidak dipungut biaya sepeserpun untuk dapat menggunakannya, berbeda dengan sistem operasi window dimana anda harus membeli lisensinya untuk dapat dipergunakan, selain itu pula sistem operasi window sifatnya close source.

Linux yang cocok untuk pemula ?

Ada beberapa sistem operasi linux yang beredar di internet, bermacam-macam variasi (dikenal dengan distro) seperti fedora (dulunya adalah redhat linux) debian, ubuntu, slackware, freebsd, openbsd dan masih banyak lagi puluhan distro linux yang dapat anda unduh secara gratis. Masing-masing distro memiliki kelebihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh untuk para pengguna desktop mereka lebih banyak memilih Ubuntu karena dirasa lebih mudah serta memiliki tampilan yang cukup baik mendekati seperti window. Untuk para pebisnis mereka biasanya memilih CentOS karena distro ini lebih bagus dalam hal securitynya, serasa memiliki linux versi enterprisenya redhat. Sistem operasi linux juga ada yang berbayar lho karena memang sangat diperhatikan dari sisi stabilitas dan keamananya, yaitu linux RHEL (RedHat Linux Enterprise).

Selain Ubuntu apalagi yang mudah buat pemula ?

Jika anda adalah aliran redhat, maka anda dapat menggunakan Fedora atau Debian. Fedora lebih banyak digunakan karena desktopnya lebih mirip dengan window dan banyak juga yang memili Debian karena di dalam debian sendiri memiliki banyak sekali aplikasi seperti menggambar, spreadsheet, audio and video serta masih banyak lagi aplikasi yang bisa anda gunakan seperti halnya dengan aplikasi window yang ada saat ini. Apabila anda pengguna aplikasi kantoran seperti Office sheet, linux juga menyediakan versi office gratis seperti open office.

Bagaimana dengan game ? apakah linux juga support dengan game ?

Jangan khawatir, jika anda pecandu game maka ada beberapa game yang sudah tersedia dalam versi linux. Sebut saya counter strike, dota 2 (oleh steam) dan beberapa game dengan genre yang bermacam-macam.

Jika anda berminat untuk menggunakan linux dalam kegiatan sehari-harinya maka anda wajib untuk belajar ekstra dan rasa ingin tahu anda harus tinggi. Menggunakan linux setiap hari akan membuat anda terbiasa dan seperti halnya menggunakan window.

Selamat memilih linux

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00