Ubuntu 18.04 Bionic Beaver

Ubuntu 18.04 Bionic Beaver
Ubuntu 18.04 Bionic Beaver

Bagi anda penggeman distro linux Ubuntu, hari ini Ubuntu mengeluarkan versi baru yaitu Ubuntu 18.04 Bionic Beaver dengan berbagai macam kelebihannya. Mari kita simak beberapa kelebihan dari Ubuntu Bionic Beaver ini.

1. GNOME 3.28

Perlu anda ketahui bahwa Unity sudah tidak lagi menjadi desktop default dari Ubuntu dimana GNOME dengan customisasi khusus telah diperkenalkan di Ubuntu versi 17.10. Kali ini Ubuntu versi 18.04 akan menggunakan GNOME sebagai desktop defaultnya.

2. Booting yang lebih cepat

Canonical menjanjikan bahwa untuk proses booting dari os Ubuntu ini akan lebih cepat daripada sebelumnya dimana menggunakan systemd dan beberapa yang menyebabkan bottleneck akan diperbaiki sehingga proses booting lebih cepat.

3. Instalasi dengan opsi minimal

Instalasi dengan pilihan minimal akan hadir ketika anda akan menginstall sistem operasi Ubuntu versi 18.04 ini dimana dengan mode minimal ini akan disediakan browser dan beberapa utilitas yang berguna saja. Bagi yang tidak suka dengan bloatware maka pilihan instalasi minimal ini bisa digunakan.

Ubuntu Minimal Option
Ubuntu Minimal Option

4. Linux kernel 4.15

Kabarnya Ubuntu versi 18.04 ini akan menggunakan kernel versi 4.14 namun kenyataannya malah menggunakan versi kernel terbaru, yaitu versi 4.15

5. Xorg menjadi tampilan default kembali

Jika anda menggunakan versi ubuntu sebelumnya maka anda akan menggunakan display dari Wayland namun ada beberapa aplikasi yang tidak cocok dengan tampilan wayland ini, oleh karena itu ubuntu  kembali menggunakan Xorg. Namun bagi anda yang masih menginginkan wayland bisa menggunakannya kembali sebagai pilihan.

6. Perubahan kecil pada Nautilus File Manager

 

Nautilus File Manager Ubuntu
Nautilus File Manager Ubuntu

Seperti yang anda lihat di atas, Ubuntu 18.04 semakin rapi untuk warnanya diberikan warna hitam pada menunya.

7. Welcome screen dan halaman Help lebih baik

Ini adalah hal baru bagi Ubuntu untuk menampilkan welcome screen dimana biasanya tidak ada dan tampilan welcome screen ini menggunakan milik dari GNOME Welcome screen.

Ubuntu Welcome Screen
Ubuntu Welcome Screen

8. Mencatat system usage data (dapat dinonaktifkan)

Secara default Ubuntu 18.04 ini akan mengkoleksi informasi sistem data yang anda gunakan, namun anda dapat menonaktifkan fitur ini. Beberapa data yang dikoleksi adalah :

  • Version
  • Network
  • Statistik hardware seperti CPU, RAM, GPU, dll
  • Vendor hardware
  • Negara
  • Waktu untuk menyelesaikan instalasi
  • Partisi Hard Disk

9. Installer untuk Ubuntu 18.04 versi Server

Sampai sekarang ubuntu menggunakan mode text untuk instalasi tipe server, namun untuk kali ini akan menggunakan installer yang dibuat oleh subiquity.

10. Warna untuk emoji

11. Theme dan icon baru

12. Live patching

Biasanya ketika anda melakukan upgrade kernel akan memerlukan reboot, namun kali ini tidak akan memerlukan reboot sehingga bisa menghemat waktu downtime.

13. Beberapa perubahan di Ubuntu 18.04

  • GNOME shell support Thunderbolt 3
  • Suspend otomatis pada laptop untuk waktu 20 menit tidak digunakan
  • LibreOffice 6.0
  • Tidak ada 32 bit ISO
  • Phyton 3.6

Segera update Ubuntu anda 🙂

Please follow and like us:
error0
Tweet 20
fb-share-icon20

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *