Saturday, July 27, 2024
Home Tips Membuat installer mac os pada usb drive

Membuat installer mac os pada usb drive

by mimin
0 comment
Apple Logo
Apple Logo

Apple Logo

Pada saat kita membeli pc maupun laptop yang menggunakan operating system macintosh biasanya sudah terdapat preloaded os mac namun ada kalanya kita mengalami error yang tidak dapat diperbaiki lagi dan hanya bisa dilakukan instalasi ulang pada pc maupun pada laptop mac kita. Pada saat melakukan instalasi ulang sistem operasi macintosh secara default akan memerlukan internet, dan instalasi dengan menggunakan internet cukup menyita waktu kita. Sebagai contoh untuk MacOS Sierra memerlukan waktu lebih kurang 2 jam (menggunakan koneksi internet dengan kecepatan 10Mbps) tergantung dari koneksi yang kita miliki. Semakin besar MacOS yang kita miliki maka akan semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk mendownload file instalasi MacOS dari internet, belum lagi jika terdapat koneksi putus atau download file instalasi tidak sempurna. Perlu diingat untuk file instalasi MacOS Sierra lebih kurang membutuhkan kapasitas sekitar 4.9 GB jadi gunakan usb drive dengan kapasitas minimal 8GB. Nah berikut ini adalah bagaimana membuat installer mac os pada usb drive sehingga bisa mempercepat proses instalasi mac os yang kita inginkan.

  • Langkah pertama adalah kita memerlukan file instalasi mac os yang bisa didapatkan pada App Store, silahkan download terlebih dahulu dan pastikan tidak corrupt.
  • Persiapkan usb yang sudah kosong sebesar 8GB
  • Download aplikasi “Install Disk Creator” berbasis mac
Install Disc Creator

Install Disc Creator

  • Kemudian pilih “Chooose a MacOS Installer” dan arahkan pada file instalasi MacOS anda
  • Jangan lupa pilih volume disk usb yang sudah anda tancapkan pada mac anda
  • Kemudian pilih “Create Installer” dan tunggu sampai selesai.

Ketika semuanya sudah selesai, silahkan booting mac anda dan pada saat booting silahkan tekan tombol option sampai muncul pilihan instalasi dengan menggunakan media usb drive.

Sekarang anda sudah bisa melakukan instalasi macOS tanpa harus mendownload dari internet lagi dan tentunya akan lebih cepat selesai. Jangan lupa untuk menghapus disk drive mac os yang lama, jika anda tidak menghapus maka hasil re-instalasi MacOS tidak akan sempurna dan masih terdapat error yang lama.

Table of Contents

About Author

You may also like

Leave a Comment

Soledad is the Best Newspaper and Magazine WordPress Theme with tons of options and demos ready to import. This theme is perfect for blogs and excellent for online stores, news, magazine or review sites.

Buy Soledad now!

Edtior's Picks

Latest Articles

u00a92022u00a0Soledad.u00a0All Right Reserved. Designed and Developed byu00a0Penci Design.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00