Cara mempercepat kinerja sistem operasi windows

Sistem Operasi Windows

Bagi anda pengguna setia sistem operasi windows baik windows 7, 8 dan yang paling anyar adalah windows 10 terkadang pada suatu saat kita merasa kita membuka aplikasi misalnya microsoft word, excel atau aplikasi lain terasa lambat maka kita akan merasa jengkel. Namun sebenernya ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk dapat mempercepat kinerja sistem operasi windows kita. Simak berikut cara-cara yang dapat anda lakukan.

Periksa Kapasitas Memory

Resource yang dimaksud adalah jumlah memory yang dimiliki oleh pc / laptop kita. Sistem operasi windows memerlukan minimal jumlah memory atau RAM (Random Access Memory) sebesar 2 GB, namun untuk mendapatkan performa yang lebih baik kita memiliki memory antara 4 GB sampai dengan 8GB. Sistem Operasi Windows adalah sistem operasi yang rakus akan memory, semakin banyak aplikasi atau semakin berat aplikasi yang kita gunakan maka memory yang digunakan juga akan semakin besar. Jika kita memiliki sedikit memory, maka sistem operasi windows akan menggunakan sedikit kapasitas penyimpanan kita (hard disk) sebagai memory tambahan yang biasanya disebut dengan swap.

Hapus program yang tidak penting (bloatware)

Pada saat kita membeli pc maupun laptop, biasanya sudah disertakan beberapa aplikasi tambahan dari vendor seperti DELL, Asus, HP dan lain lain yang biasanya aplikasi tersebut ada beberapa bagian yang berjalan secara otomatis pada saat pc / laptop dinyalakan. Mempercepat kinerja windows Anda bisa menghapus beberapa aplikasi bawaan sehingga anda bisa menghemat kapasitas penyimpanan dan bisa mempercepat kinerja pc / laptop anda.

Atur mode performance

Secara default sistem operasi windows akan menggunakan mode Let Windows choose what’s best for my computer berdasarkan resource yang ada namun kita bisa memaksa untuk merubah pada mode best performance namun dengan mengorbankan beberapa fitur yang ada seperti animasi, shadow serta fitur lain yang berkaitan dengan tampilan.

mempercepat kinerja windows
Setting Performance Mode

Untuk melakukan setting ini, klik This PC -> klik kanan dan pilih Properties -> Advanced System Settings -> Performance

Keamanan PC / Laptop

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah pastikan bahwa pc / laptop anda bebas dari virus maupun malware, karena virus dan malware bisa menghabiskan resource yang anda miliki seperti processor dan memory yang ada. Gunakan antivirus yang baik seperti windows defender (antivirus bawaan dari windows) sudah cukup untuk mengamankan pc / laptop anda dari ancaman virus dan malware. Gunakan antivirus premium seperti kaspersky internet security jika anda memiliki dana yang lebih sehingga anda mendapatkan proteksi yang maksimal. Perlu diketahui agar anda memiliki memory yang cukup jika menggunakan antivirus premium, jika tidak malah akan menambah beban kerja pc / laptop anda.

Ganti hard disk anda dengan SSHD atau SSD

Teknolog yang lagi booming adalah penyimpanan dengan menggunakan media SSD (Solid Sate Drive) atau menggunakan SSHD (Solis State Hard Disk) dimana memiliki performance yang lebih baik jika dibandingkan dengan hard disk biasa yang memiliki kecepatan spin 5400 atau 7200 rpm. Jika anda memiliki dana yang lebih, gunakan SSD namun jika dana ada tidak terlalu banyak anda bisa memilih SSHD sudah cukup.

Perhatikan sisa kapasitas penyimpanan

Sering kali kita lupa untuk memeriksa sisa tempat penyimpanan hard disk kita tinggal berapa, tapi kita sudah merasakan bahwa performa dari PC / laptop kita sangat lambat. Perlu dicatat bahwa disarankan untuk sisa kapasitas penyimpanan pada sistem operasi windows adalah 25% dari total kapasitas yang anda. Jika kapasitas penyimpanan anda sudah mulai menipis, sebaiknya anda melakukan upgrade kapasitas penyimpanan dengan mengganti atau menambah. Mempercepat kinerja windows

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *