Home TutorialSEO 12 cara SEO terbaik untuk dilakukan

12 cara SEO terbaik untuk dilakukan

by Andry Yudianto
12 cara SEO terbaik untuk dilakukan

Ada banyak cara yang biasa dilakukan untuk mempraktekkan SEO namun biasanya cara-cara tersebut malah membuat situs anda mendapatkan nilai negatif dari search engine, berikut ini adalah 12 cara SEO terbaik untuk dilakukan agar website / blog anda mendapatkan nilai positif dari search engine.

Gunakan HTTPs

Sejak tahun 2014, google sudah memberikan himbauan agar untuk semua website menggunakan protokol SSL (Secure Socket Layer) karena dengan menggunakan SSL maka data yang di transfer dari client ke server aman dan tidak dapat di sniffing (dicuri).  Tanda sebuah website sudah menggunakan ssl, maka akan tampak menggunakan protokol https pada laman websitenya.

Pastikan bahwa laman anda cepat diakses

Tidak ada pengguna yang ingin merasakan lambat ketika mengakses sebuah laman website, oleh karena itu kenapa kecepatan merupakan salah satu faktor penting dalam pemeringkatan website pada search engine. Kecepatan ini meliputi beberapa faktor seperti coding website, lokasi server, penggunaan webserver serta optimalisasi pada gambar. Untuk mengecek kecepatan akses website anda, maka anda bisa menggunakan tools Google Pagespeed Insight

Beberapa point yang harus diperhatikan untuk hasil pengetesan Google Pagespeed Insight

  • Gunakan CDN untuk mempercepat akses konten statis seperti gambar.
  • Kompress gambar dengan baik sehingga bisa mempercepat waktu loading.
  • Gunakan metode lazy-loading dimana browser akan membuka gambar pada waktu dibutuhkan.
  • Gunakan theme yang sudah di optimalisasi.

Incar topik dengan jumlah trafik yang banyak

Fungsi dari keyword search adalah untuk mendapatkan beberapa keyword yang disinyalir biasanya mendapatkan trafik atau pencarian terbanyak pada laman search engine. Misalnya untuk keyword “Cara menghilangkan jerawat pada kulit” ini pasti topik yang banyak dicari di internet.

Kunci yang tepat pada pencarian

Banyak para pengguna internet mencari suatu topik atau keyword, tetapi konten yang ditemukan hanyalah himbauan untuk memberi suatu barang tidak berisikan bagaimana cara untuk mengatasi masalah. Pengguna biasanya mencari solusi dari masalah yang ada bukannya untuk membeli sebuah produk.

Kejar sebuah topik yang anda inginkan

Biasanya topik dengan volume pencarian tertinggi didominasi oleh beberapa perusahaan bermerek seperti kartu kredit yang biasanya didominasi oleh bank dengan jumlah backlink yang gila-gilaan. Hal ini anda bisa manfaatkan dengan menambahkan suatu keyword tail seperti kartu kredit bunga rendah. Ini akan mengalihkan beberapa trafik ke konten anda.

Gunakan keyword anda pada 3 tempat

Penempatan keyword yang tepat adalah pada :

  • bagian tittle tag
  • heading (h1)
  • dan URL

Gunakan deskripsi yang pendek

Google akan menghindari penggunaan URL yang panjang karena biasanya susah untuk diingat, maka gunakan URL yang cukup pendek dan mudah diingat agar anda bisa mendapatkan kunjungan lagi dari pengguna internet.

Gunakan desripsi yang baik

Deskripsi website anda pada laman hasil pencarian di google search engine sangat berpengaruh agar orang mau mengunjungi laman website anda, maka gunakan deskripsi yang menarik dan pendek.

Optimalisasi Gambar

Gambar yang anda gunakan sebaiknya sudah di optimalisasi, misalnya dengan menggunakan image optim atau tools lainnya yang dapat mempercepat proses loading ketika pengguna melakukan akses pada laman website / blog anda.

Tulis dalam konten anda

Keyword dengan jumlah volume pencarian tidak selalu bagus untuk menarik visitor pada laman website / blog anda. Sebagai contoh anda bisa menggunakan keyword tambahan yang relevan pada konten yang anda tulis.

Tambahkan internal link dari laman lain yang relevan.

Memberikan backlink secara membabi buta tidak baik untuk kesehatan website anda, dan ini banyak dilakukan dengan tujuan agar mendapatkan penilaian yang baik jika memiliki banyak backlink. Satu backlink dari laman yang revelan lebih baik jika dibandingkan dengan 100 backlink tapi tidak revelan.

Tambahkan backlink

Banyak backlink pada laman website / blog anda berarti banyak yang memberikan endorse atau relasi pada anda, tetapi ingat backlink sebaiknya yang relevan dan kurangi backlink yang tidak relevan.

Demikian 12 cara SEO terbaik untuk dilakukan untuk meningkatkan nilai anda di mata search engine.

About Author

Related Posts

Leave a Comment

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?
-
00:00
00:00
Update Required Flash plugin
-
00:00
00:00