Serba serbi tentang sistem operasi Android P

Sistem operasi android P
Sistem operasi android P

Jika kamu adalah fans berat pengguna sistem android, maka Serba serbi tentang sistem operasi Android P ini wajib untuk anda baca karena akan diulas semua tentang sistem operasi android terbaru besutan dari google. Sistem operasi android teranyar dari google setelah Nougat yang kemudian disusul oleh android Oreo yang saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh pengguna smartphone berbasis android ini.

Setelah acara Google IO pada tahun ini maka sistem operasi android P ini juga langsung di umumkan dimana sistem android P ini memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan sistem android pendahulunya android O seperti tampilan desain yang baru, shortcuts,  dan masih banyak lagi yang diberikan oleh sistem android P ini. Namun sampai sekarang masih sedikit smartphone yang bisa mengadopsi sistem android P ini yang saat ini memasuki tahap beta.

Beberapa informasi yang bisa ditemukan untuk sistem android P ini adalah sebagai berikut.

Peluncuran sistem android P

Para developer dari sistem android ini diawali pada bulan maret kemaren dan beberapa sudah mulai mencoba versi beta dari sistem android P ini dan google sendiri akan segera mengadopsi sistem ini pada smartphone pixelnya yang dijadwalkan akan release pada bulan oktober besok.

Smartphone mana saja yang sudah support android P

Tidak semua smartphone bisa menggunakan sistem android P ini, namun hanya beberapa saja seperti

  • Google Pixel
  • Nokia
  • Vivo
  • OnePlus
  • Xiaomi
  • Sony
  • Oppo

Kenapa samsung tidak ada ? mungkin samsung masih berfikir untuk mulai migrasi menggunakan sistem operasinya sendiri, yaitu sistem operasi Tizen.

Beberapa keunggulan sistem android P meskipun masih dalam tahap beta.

Penggunaan baterai yang cukup baik

Sistem android P dilansir akan menggunakan baterai secara efisien jika dibandingkan dengan sistem android sebelumnya dimana bisa memilih aplikasi mana yang sering digunakan dan aplikasi mana yang jarang digunakan sehingga bisa menghemat daya yang digunakan. Efisiensi dari penggunaan baterai ini bisa menghemat sampai dengan 30% dan fitur ini google berpartner dengan Deep Mind untuk mengefisiensikan penggunan baterai sistem operasi android P.

Penggunakan display secara adaptif

Penggunaan tampilan auto brightness saat ini dirasa masih kurang efisien dan masih menyebabkan penggunaan daya baterai yang tidak efisien berdasarkan penelitian dari google sendiri. Fitur auto brightness akan dimatikan pada sistem operasi android P karena kurang efisien, dengan dimatikannya fitur ini maka akan dapat menghemat daya baterai sebesar 50%.

App actions

Fitur teranyar dari sistem operasi android P ini adalah adanya history penggunaan aplikasi, dimana sistem android P akan mencatat seberapa sering anda menggunakan aplikasi yang ada. Sebagai contoh aplikasi whatsapp, seberapa sering anda menggunakan aplikasi whatsapp. Semua aplikasi akan dicatat penggunaanya sehingga setiap aplikasi akan memiliki history penggunaannya.

App slices

Fitur teranyar dari sistem android P ini adalah adanya API bagi para developer agar bisa menggunakan shortcut pada aplikasi yang ada dimana pada fitur pencarian akan lebih mudah mencari aplikasi yang ada di smartphone anda. sistem operasi android P

Masih banyak lagi fitur dari sistem android P ini seperti

  • Navigasi
  • Volume slider
  • Dashboard
  • dan lain lain

Jika anda tertarik untuk menggunakan sistem android P ini maka pastikan anda menggunakan merk smartphone yang disupport oleh sistem android P ini.

Please follow and like us:
error0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *